Kasudin Citata Sebut Ruko 3 Lantai yang Roboh di Matraman Gagal Struktur

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 11 Feb 2020 18:45 WIB
Kepala Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Kasudin Citata) Jakarta Timur Widodo
Kepala Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Kasudin Citata) Jakarta Timur Widodo (Kadek Melda/detikcom)
Jakarta -

Sebuah bangunan ruko tiga lantai roboh siang tadi. Kepala Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Kasudin Citata) Jakarta Timur Widodo mengatakan bangunan itu roboh karena gagal struktur.

"Kalau dilihat secara kasat mata itu tadi gagal struktur kurang bagus," Kata Widodo di Jalan Pisangan Baru Tengah, Matraman, Jakarta Timur, Selasa (11/2/2020).

Widodo menuturkan bangunan itu sudah memiliki IMB (izin mendirikan bangunan) sejak 2014. Dia tidak mengetahui sejak kapan pembangunan dimulai, tapi diketahui pembangunan dilakukan secara bertahap dan sempat berhenti kemudian dilanjutkan kembali pada 2019.

"Ada IMB 2014. Nah ini kan dia bangunnya nggak langsung, bertahap bangun sebagian berhenti, nah yang terakhir 2019. IMB 2014, mulainya saya kurang tahu, yang saya tahu waktu saya di sini 2018 sudah 2019 baru ketahuan bangun lagi dia. Jadi ini bangun yang ke berapa ini jadi bertahap," tuturnya.

Tidak ada permasalahan pada IMB bangunan tersebut. Widodo menerangkan bahwa IMB sudah sesuatu dengan jenis untuk pembangunan gedung usaha.

"Izin campuran untuk usaha boleh. Ini kan C semua bukan rumah tinggal untuk usaha," terangnya.

Tonton juga Kosan Roboh di Mampang Awalnya Dikira Gempa :

Selanjutnya
Halaman
1 2