Wapres Ma'ruf Minta Dana Desa Diefektifkan Untuk Tekan Stunting-Kemiskinan

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 11 Feb 2020 14:08 WIB
Wapres Maruf
Foto: Wapres Ma'ruf (Lisye)
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menggelar rapat bersama dengan sejumlah kementerian. Rapat ini membahas terkait penyaluran dana desa yang diharapkan bisa menekan angka kemiskinan dan stunting di Indonesia.

"Pertama rakor dengan Menko PMK dan sebagian kementerian mengenai stunting, kemiskinan dan mengefektifkan dana desa," ujar Ma'ruf usai memimpin rapat dengan beberapa menteri di Gedung Grand Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (11/2/2020).

Ma'ruf menilai tumpuan perekonomian pada dasarnya di mulai dari desa. Sehingga dia meminta kementerian terkait untuk bekerja sama dan mengevaluasi dana desa yang belum tepat sasaran.

"Dari pertemuan itu kita ada semacam satu kesepakatan dengan koordinasi antar lembaga sehingga sasarannya bisa dicapai lebih optimal, tidak sama-sama kerja tapi bekerja sama. Pada ujungnya semua itu ada di desa, Kementerian Keuangan dan kita sepakat melakukan evaluasi hal-hal yang belum tepat sasaran supaya tepat," katanya.


Ma'ruf menjelaskan bahwa Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) ke depan adalah memajukan desa. Baik mengurangi angka kemiskinan maupun mengurangi stunting.

"Jadi sesuai dengan RPJMN dan arahan Bapak Presiden membuat desa itu lebih baik ke depan, baik itu stunting juga kemiskinan dan pemberdayaan," sebut Ma'ruf.

Selanjutnya
Halaman
1 2