Gelar Uji Kepatutan, PDIP Dinilai Ingin Cegah Gerindra-PD Goda Gibran

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Selasa, 11 Feb 2020 08:47 WIB
Rico Marbun
Rico Marbun (Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom).
Jakarta -

DPP PDIP menggelar uji kepatutan dan kelayakan bagi cawalkot di Pilkada Solo 2020, Achmad Purnomo dan Gibran Rakabuming. Uji kepatutan itu dinilai sebagai upaya PDIP menghalau godaan partai lain untuk Gibran Rakabuming.

"Acara ini jadi penting sebab PDIP perlu menunjukkan adanya mekanisme resolusi kompetisi politik di dalam. Apalagi godaan dari partai lain agar Gibran maju seperti dari Demokrat, Gerindra, kan juga cukup kencang," kata pengamat politik Rico Marbun kepada wartawan, Selasa (11/2/2020).

Untuk diketahui, Gibran Rakabuming bukan merupakan calon yang diusung DPC PDIP Solo. Banteng moncong putih di Surakarta itu mengusulkan pasangan Achmad Purnomo-Tegus Prakosa. PDIP pun hingga saat ini belum memutuskan sikap apakah mendukung Gibran atau Purnomo.


Di sisi lain, Partai Demokrat dan Partai Gerindra resmi mendukung Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Solo.

Kembali ke fit and proper test DPP PDIP terhadap Gibran Rakabuming dan Achmad Purnomo. Rico menilai PDIP tak bakal buru-buru menentukan sikap meski telah menggelar uji kepatutan dan kelayakan mengingat dinamikan di Solo begitu intens.

"Menurut saya sampai detik ini rasanya elektabilitas masih dinamis, kurang bijak kalau langsung memutuskan mengganti Purnomo atau langsung menolak Gibran," ulas Rico.


Uji kepatutan dan kelayakan itu digelar PDIP di Jakarta, Senin (10/2). Gibran dan Purnomo yang satu pesawat mengikuti fit and proper test secara bergantian.

Simak video Momen Gibran Cium Tangan Achmad Purnomo di DPP PDIP:

[Gambas:Video 20detik]

(gbr/isa)