Sidang Penusuk Wiranto Bakal Digelar di PN Jakbar

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Senin, 10 Feb 2020 17:44 WIB
Bahtiar Rivai-detikcom/ Kajari Pandeglang Nina Kartini
Kajari Pandeglang Nina Kartini (Bahtiar Rivai/detikcom)
Serang -

Sidang penusukan ke eks Menko Polhukam Wiranto oleh Syahrial Alamsyah alias Abu Rara bakal digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Lokasi sidang dipindahkan berdasarkan fatwa Mahkamah Agung yang dikeluarkan pada Januari 2020.

"Ada fatwa Mahkamah Agung bulan Januari, sudah turun fatwanya," kata Kepala Kejaksaan Negeri Pandeglang Nina Kartini kepada wartawan di Jl. Serang-Pandeglang, Senin (10/2/2020).

Fatwa MA, menurutnya, didasari persetujuan bersama ketua pengadilan, kepala kejaksaan, dan Pemerintah Kabupaten Pandeglang. Ada alasan-alasan tertentu kenapa persidangan dialihkan ke PN Jakbar.

Kejari Pandeglang sendiri sudah mendapatkan surat tembusan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) yang disampaikan Mabes Polri. Tembusan juga disampaikan ke PN Pandeglang dan Polres Pandegang.

Meski kejadian penusukan di Pandeglang, penanganan kasus ini diambil alih oleh Mabes Polri. Proses dilakukan di sana dan berkas disampaikan ke Jampidum Kejaksaan Agung kemudian dilimpahkan ke PN Jakarta Barat.

"SPDP-nya ditangani Mabes Polri, sudah turun ke kita tembusannya," kata Nini.

Penusukan Wiranto terjadi di Alun-alun Menes, Pandeglang, pada Kamis, 10 Oktober 2019. Penusukan terjadi usai Wiranto menghadiri acara di Universitas Matla'ul Anwar.

Syahrial alias Abu Rara disinyalir merupakan anggota Jamaah Ansharut Daulah atau JAD. Ia merupakan anggota JAD Kediri lalu menjadi anggota di Bekasi.

Tonton juga Pemuda di Cilegon Ditemukan Gantung Diri di Kontrakan :

[Gambas:Video 20detik]

(bri/fdn)