Ajak Klub Motor Cerdas Cermat Jadi Cara Ketua MPR Sosialisasi 4 Pilar

Angga Laraspati - detikNews
Senin, 10 Feb 2020 09:50 WIB
Bambang Soesatyo
Foto: MPR
Jakarta -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mempunyai cara yang unik dan kreatif dalam mensosialisasikan empat pilar MPR RI. Dirinya mengajak 170 komunitas club motor untuk ikut serta dalam Riding Kebangsaan sekaligus lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR RI yang akan digelar pada 23 Februari mendatang.

Bamsoet mengatakan pada saat konferensi pers di Mamayu Kitchen, Kebayoran Baru, Jakarta, MPR RI ingin melibatkan berbagai komunitas masyarakat dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR RI; Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Mengingat komunitas masyarakat sangat beragam, cara pendekatannya pun harus menyesuaikan karakter komunitas tersebut.

"Kita tak ingin kreativitas MPR RI stagnan hanya dengan menyelenggarakan kegiatan yang itu-itu saja, kegiatan yang monoton, dan tak memiliki greget. Untuk komunitas motor, kita pakai pendekatan Riding Kebangsaan dengan memasukkan lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR RI," ujar Bamsoet dalam keterangan tertulis, Senin (10/2/2020).

Ketua Dewan Pembina Motor Besar Indonesia ini meyakini, acara tersebut tak hanya akan meriah, namun juga punya pesan kuat mendalam. Anggota komunitas motor yang terkadang kental dengan kesan urakan, akan membuktikan diri bahwa mereka juga mencintai negeri ini sepenuh hati. Pemahaman mereka tentang berbagai permasalahan kebangsaan akan diuji secara terbuka, disaksikan langsung masyarakat.

"Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau, serta tak kurang dari 1.100 suku bangsa, bahasa dan budaya. Mungkin sama saja dengan para biker yang motornya bisa beda merek, kubikasi, tipe dan orangnya sendiri juga berbeda karakter. Namun karena hobinya sama maka jadi bersahabat. Sebab, tanpa pemersatu yang kuat, perbedaan justru dapat menjadi tantangan dan bukan potensi," imbuh Bamsoet.

Dirinya menambahkan bahwa pesan urakan yang melekat di komunitas motor merupakan stigma usang yang harus ditinggalkan. Komunitas hobi seperti club motor masa kini justru sudah banyak terlibat di berbagai kegiatan sosial dan kini MPR RI berusaha menarik mereka agar juga peduli terhadap Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

Melalui kegiatan tersebut, Mantan Ketua DPR RI 2014-2019 dan Kepala Badan Bela FKPPI ini berharap para anggota komunitas motor juga bisa tergerak memiliki semangat dan cita-cita perjuangan bangsa, rasa cinta tanah air, toleransi, dan dapat menghormati kemajemukan. Karena eksistensi bangsa sangat bergantung dengan kualitas sumber daya manusianya. Bukan semata bergantung kepada kekayaan alam yang terkandung di dalamnya.

"Komunitas motor sebagai tempat berkumpulnya individu yang memiliki kesamaan hobi, lepas dari status sosial, pangkat atau jabatan, partai politik, agama, ras, dan golongan, seharusnya mampu menjadi wadah mengembangkan semangat cinta Tanah Air," tegas Bamsoet

"Mengingat dalam menghadapi setiap dinamika dan tantangan kebangsaan, setiap manusia Indonesia perlu dipersiapkan menjadi individu yang handal, cerdas, dan berkepribadian. Salah satu caranya yakni dengan memperkuat semangat kebangsaan di berbagai komunitas hobi seperti Club Motor," tambahnya.

Hadir pula dalam acara konferensi pers tersebut para tokoh bikers Indonesia, antara lain Komjen Pol (Purn) Nanan Soekarna yang juga penasehat Ketua MPR RI, Tito Sulistio Staf Khusus Ketua MPR RI dan Jhoni Rachmad, Rio Castello Presiden Motor Besar Indonesia dan Aroem Alzier Ketua Umum Gerak BS.

Di sisi lain, Ketua Panitia Acara Empat Pilar MPR RI Niko Marcellino mengatakan sebanyak 170 klub dari berbagai tipe dan kubikasi motor akan turut serta dalam Cerdas Cermat Bikers yang babak penyisihannya dimulai sejak tanggal 22 Februari 2020. Nantinya Pemenang akan diumumkan pada puncak acara tanggal 23 Februari 2020. Pada pelaksanaan puncak acara Empat Pilar MPR RI tanggal 23 Februari 2020 nanti, kegiatan akan dimulai dengan rolling thunder.

"Sekitar 200 motor dari berbagai klub akan ikut serta, dengan Bamsoet sebagai Road Captain," papar Niko.

Penanggung Jawab Acara Cerdas Cermat Bikers yang juga Wakil Ketua Panitia Acara Empat Pilar, Eko Cahyono menambahkan walaupun acara Empat Pilar MPR RI ini sangat serius, pihaknya akan mengemas dengan akrab, fun, tapi tepat sasaran.

Di lokasi acara, selain cerdas cermat bikers, pengunjung juga akan dihibur oleh para artis di antaranya The Changcuters. Selain itu terdapat berbagai booth bazaar barang otomotif yang akan ikut meramaikan acara.

Acara masyarakat bikers ini juga akan bertaburan banyak hadiah, baik untuk pemenang Cerdas Cermat Bikers maupun doorprize untuk pengunjung. Hadiah Acara ini juga akan memperebutkan berbagai hadiah menarik, antara lain motor Harley Davidson, motor listrik GESITS, dua unit motor Yamaha MIO, paket umroh Maktour dan paket bulan madu dari Hotel Sultan Jakarta dan lain-lain. Acara ini didukung oleh Prestige Motorcars, Anak Elang Harley-Davidson, Maktour, GESITS, Ferrari Club Indonesia (FOCI), Lamborghini Club Indonesia (LCI), McLeren Club Indonesia (MCI), Brotherhood Club Indonesia (BCI), Tesla Club Indonesia (TCI), Sultan Hotel & Residences, Viro, Warna Warni, dan Neo Akshaya.

Peserta Cerdas Cermat Bikers berasal dari klub atau komunitas bikers, dengan masing- masing peserta harus menyiapkan 10 orang anggota yang ditunjuk khusus. Setiap klub atau komunitas itu harus pula mempersiapkan sorakan atau yell dengan nuansa kebangsaan khas klub masing-masing. Informasi mengenai Cerdas Cermat Bikers dapat diperoleh dengan mengikuti instagram @motorbesarindonesia.

(mul/ega)