Heboh Poligami Ciamis, Suami Wajib Minta Izin Istri Lewat Pengadilan

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 09 Feb 2020 11:31 WIB
poligami
Istri mengantar suami untuk poligami. (Tiktok/@nengnthan)
Jakarta -

Jagat media sosial dihebohkan oleh video viral istri mengantar suami menikah di TikTok. Pernikahan ini lantas memicu perbincangan tentang poligami. Bagaimana UU mengatur pernikahan poligami?

Poligami di Indonesia diatur dalam UU No 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. UU tersebut pada dasarnya menganut asas monogami (satu orang istri), namun UU tersebut membolehkan suami beristri lebih dari satu. Suami juga harus mendapatkan izin dari pengadilan. Begini bunyi pasalnya:

Pasal 3
(1) Pada azasnya dalam suatu perkawinan seorang pria hanya boleh mempunyai seorang isteri. Seorang wanita hanya boleh mempunyai seorang suami.
(2) Pengadilan dapat memberi izin kepada seorang suami untuk beristeri lebih dari seorang apabila dikehendaki oleh pihak-pihak yang bersangkutan.

Pasal 4

(1) Dalam hal seorang suami akan beristeri lebih dari seorang,sebagaimana tersebut dalam Pasal 3 ayat (2) Undang-undang ini, maka ia wajib mengajukan permohonan kepada Pengadilan di daerah tempat tinggalnya.

Pengadilan hanya memberi izin seorang suami berpoligami jika mengalami sejumlah kondisi. Hal ini dijelaskan dalam Pasal 4 ayat 2. Suami boleh berpoligami apabila:

a. isteri tidak dapat menjalankan kewajibannya sebagai isteri;
b. isteri mendapat cacat badan atau penyakit yang tidak dapat disembuhkan;
c. isteri tidak dapat melahirkan keturunan.

Selanjutnya
Halaman
1 2