Jawab Kritik PKB soal Menag dari Militer, Istana: Presiden Punya Pertimbangan

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Minggu, 09 Feb 2020 06:01 WIB
Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi
Menteri Agama Fachrul Razi (Foto: Andhika/detikcom)

Sebelumnya diberitakan, politikus PKB Luluk Nur Hamidah memberikan catatan terkait 100 hari kerja kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal menteri yang menurutnya salah pilih, salah satunya adalah Menag Fachrul Razi. Dia mempertanyakan keputusan Jokowi memilih Menteri Agama dari basis militer.

"Misal termasuk pilihan Menteri Agama, saya kira itu bukan hanya nahdliyin, tapi bangsa Indonesia juga kaget-kaget, atas dasar apa sih militer harus jadi Menteri Agama, ini eranya era baru, Pak Jokowi juga orang sipil, masa kini, kekinian, milenial tapi kok milih Menag saja harus militer," ucap Luluk, Sabtu (8/2).

Luluk menyebut Fachrul tidak segarang yang diperkenalkan di awal. Menurutnya, Fachrul juga terlalu banyak berkompromi dengan organisasi yang jelas dilarang oleh pemerintah.

"Kita mau perang sama siapa? Kalau konteksnya perang ideologi, nggak perlu jenderal itu, karena nggak jelas soalnya. Dulu semangat, oke (hentikan) HTI, tapi nyatanya kompromi lagi. Kita itu selalu main-main terus di atas ombak, dan itu berbahaya," ujar Luluk.

Simak Video "Kontroversi Menag Fachrul Atur Majelis Taklim"

[Gambas:Video 20detik]

Halaman

(azr/dwia)