Deretan PNS Tajir Berharta Nggak Masuk Akal, Punya 31 Batang Emas-Kondotel

Tim Detikcom - detikNews
Jumat, 07 Feb 2020 16:40 WIB
Majelis Hakim Pengadilan Tipikor menunda pembacaan putusan untuk terdakwa Gayus Tambunan dalam kasus penyuapan dan pencucian uang, Senin (20/2/2012). Sebabnya, Ketua Majelis Hakim Suhartoyo yang menangani perkara Gayus ini tengah sakit.
Foto: Lamhot Aritonang/detikcom
Jakarta -

Kekayaan Rohadi, yang merupakan PNS Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus), bikin geleng-geleng kepala. Rohadi, yang bergaji Rp 8 juta per bulan, punya 19 mobil dan rumah mewah.

Rohadi bukan PNS pertama yang punya harta melimpah dan berurusan dengan aparat penegak hukum. Ada lagi nama-nama PNS tajir lain. Berikut sebagian PNS yang tercatat detikcom, Jumat (7/2/2020):


Gayus Tambunan

PNS lain yang diketahui punya harta yang tak masuk akal adalah Gayus Tambunan. Dari catatan detikcom, PNS pajak ini memiliki uang Rp 25 miliar di rekeningnya. Selain itu, Gayus punya harta dalam bentuk logam mulia senilai Rp 20 miliar.

Harta yang disita dari Gayus sesuai putusan MA adalah uang Rp 74 miliar berupa dolar AS dan dolar Singapura, 31 batang emas, serta rumah di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Setelah proses hukum berkekuatan hukum tetap, harta yang dirampas dari Gayus sesuai putusan MA adalah uang Rp 74 miliar (dalam bentuk rupiah dan mata uang asing), 31 batang emas, serta rumah di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Gayus berbeda dengan Rohadi. Dia tidak terlalu tertarik menghabiskan hartanya itu membeli aset-aset seperti properti dan kendaraan.

Total hukuman yang harus dijalani Gayus adalah selama 30 tahun penjara, yaitu untuk kasus:

1. Kasus pajak PT Surya Alam Tunggal Sidoarjo, Gayus dihukum 12 tahun penjara karena menyuap penyidik, hakim dan merekayasa laporan pajak.

2. Gayus dihukum dalam kasus penggelapan pajak PT Megah Citra Raya dan divonis 8 tahun penjara

3. Gayus Tambunan dihukum 2 tahun penjara dalam kasus pemalsuan paspor yang digunakan untuk jalan-jalan ke luar negeri, padahal ia ditahan di Rutan Brimob.

4. Gayus dihukum 8 tahun penjara dalam kasus pencucian uang dan penyuapan penjaga tahanan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3