Brompton Diduga Tak Ber-SNI Disita Polisi, Aturan Diketok Airlangga Hartarto

Andi Saputra - detikNews
Jumat, 07 Feb 2020 16:23 WIB
Sepeda Brompton
Brompton (ari/detikcom)
Jakarta -

Polrestabes Surabaya menyita lima sepeda Brompton dari sebuah toko sepeda di Surabaya. Polisi berdalih sepeda premiun bikinan London, Inggris itu tidak memenuhi standar Indonesia karena tidak memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI).

Kewajiban sepeda roda dua memiliki SNI diwajibkan oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto -- kini menjadi Menteri Koordinator Perekonomian-- pada 2018. Hal itu seiring Airlangga menandatangani Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 30 Tahun 2018 tentang Pemberlakukan Standar Nasional Indonesia Sepeda Roda Dua Secara Wajib.

Pasal 3 ayat 2 menyatakan Pemberlakuan SNI sepeda roda dua secara wajb berlaku terhadap sepeda roda dua dengan klasifikasi model berupa

a. sepeda anak
b. sepeda kota (city bike)
c. sepeda gunung (mountain bike)
d. sepeda balap
e. sepeda lipat (folding bike)
f. sepeda BMX

"Pemberlakuan SNI sepeda roda dua secara wajib sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3, berlaku terhadap sepeda roda dua hasil produksi dalam negeri dan/atau asal impor yang beredar di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia," demikian bunyi Pasal 4 ayat 1 Permenperin Nomor 30/2018 yang dikutip detikcom, Jumat (7/2/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2