Berapa Harga Pohon Mahoni di Pasaran?

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 07 Feb 2020 14:45 WIB
Desa Cibeusi di Sumedang menjadi salah satu sentra kerajinan patung ukir dari kayu Mahoni. Kerajinan lokal itu pun telah mendunia. Yuk, lihat pembuatannya.
Foto: Seni ukir kayu di Sumedang dengan bahan baku kayu Mahoni (Satria Nandha)
Jakarta -

Ada 191 pohon, termasuk mahoni, yang ditebang saat proses revitalisasi Monas belum diketahui keberadaannya. Mahoni dianggap sebagai salah satu pohon bernilai ekonomi, apalagi jika sudah diolah. Berapa harga pohon mahoni di pasaran?

Seperti dikutip dari laman Perhutani, mahoni termasuk pohon besar dengan tinggi pohon mencapai 35-40 m dan diameter mencapai 125 cm. Batang lurus berbentuk silindris dan tidak berbanir. Kulit luar berwarna cokelat kehitaman, beralur dangkal seperti sisik, sedangkan kulit batang berwarna abu-abu dan halus saat masih muda, berubah menjadi cokelat tua, beralur dan mengelupas setelah tua.


Mahoni baru berbunga setelah berumur 7 tahun, mahkota bunganya silindris dan kuning kecoklatan. Sedangkan buahnya buah kotak, bulat telur, berlekuk lima, berwarna cokelat. Mahoni dapat ditemukan tumbuh liar di hutan jati dan tempat-tempat lain yang dekat dengan pantai, atau ditanam di tepi jalan sebagai pohon pelindung.

Selain itu, pohon mahoni ini ternyata juga memiliki fungsi mengurangi polusi udara sekitar 47%-69% sehingga sering disebut sebagai pohon pelindung sekaligus filter udara dan daerah tangkapan air.

Simak Video "Usai Gundul Akibat Revitalisasi, Monas Kini Ditanami Pohon Kembali"

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2