Komisi VIII Dukung Pembangunan Terowongan Silaturahmi Istiqlal-Katedral

Mochamad Zhacky - detikNews
Jumat, 07 Feb 2020 11:44 WIB
Untuk pertama kalinya sejak berdiri 41 tahun silam, Masjid kebanggaan Indonesia ini melalukan renovasi besar-besaran. Seperti apa penampakan terkininya?
Foto: Renovasi Masjid Istiqlal (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Komisi VIII DPR RI mendukung pembangunan terowongan penghubung dari Masjid Istiqlal ke Gereja Katedral, Jakarta Pusat. Wakil Ketua Komisi VIII dari Fraksi Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily menilai terowongan tersebut dapat memperkuat silaturahmi antar-umat di Indonesia.

"Dengan adanya terowongan ini, semakin memperkuat silaturahmi antar umat beragama dalam kerangka memperkuat ukhuwah wathoniyah (persaudaraan sebangsa)," kata Ace kepada wartawan, Jumat (7/2/2020).

Ace mengatakan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral adalah ikon rumah ibadah di Indonesia. Ia menyebut letaknya yang berdekatan mencerminkan toleransi beragama di Indonesia.

"Kita tahu bahwa Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Sementara, Gereja Kathedral juga merupakan Gereja yang berada di titik Ibu Kota Jakarta. Keduanya berdampingan letaknya dan dikenal selama ini sebagai simbol rumah ibadah yang mencerminkan kerukunan umat beragama di Indonesia," papar Ace.

Pendapat senada juga disampaikan Wakil Ketua Komisi VIII dari Fraksi PKB, Marwan Dasopang. Dia menilai terowongan penghubung Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral itu bisa memperkuat persaudaraan.

"Tidak apa (dibangun terowongan), baik itu, apalagi bisa memperkuat persaudaraan," ujarnya terpisah.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa ada usulan untuk dibuat terowongan yang menghubungkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral. Jokowi menamakannya terowongan silaturahmi.

"Juga tadi ada usulan untuk dibuat terowongan dari Masjid Istiqlal ke Katedral. Tadi sudah saya setujui," kata Jokowi di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (7/2).

Tonton juga Jokowi Setuju Ada 'Terowongan Silaturahmi' Istiqlal-Katedral :

[Gambas:Video 20detik]

(zak/gbr)