Kejati Sulsel Akhirnya Serahkan Ratusan Aset Abu Tours ke Kurator

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Jumat, 07 Feb 2020 11:31 WIB
tersangka abu tours
Foto: Para tersangka Abu Tours (m bakrie/detikcom)
Makassar -

Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel melakukan penyerahan terhadap ratusan aset Abu Tours kepada pihak kurator. Aset ini barang bergerak dan tidak bergerak yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Hari ini kita melaksanakan eksekusi terhadap suatu putusan pengadilan atas perkara Abu Tours," kata Asisten Bidang Pidana Umum (Aspidum) Kejati Sulsel, Yudi Indra Gunawan di kantornya, Makassar, Jumat (7/2/2020).

"Ini terkait pelaksanan eksekusi berdasarkan putusan pengadilan bahwa barang bukti diserahkan kepada yang berhak melalui kurator," imbuhnya.

Berdasarkan catatan dari Kejati Sulsel, ada sekitar 297 aset milik Abu Tours yang tersebar di seluruh Indonesia, semisal Makassar, Kendari, Palembang, dan Jakarta.

"Selanjutnya kurator yang melakukan penilaian aset atau pelelangan sampai membagikan kepada yang berhak," ungkapnya.

Meski begitu, Yudi mengatakan dirinya tidak mengetahui berapa nilainya keseluruhan aset yang telah dia serahkan ke kurator. Adalah tugas kurator, kata Yudi, yang menaksir nilai aset itu.

"Mungkin perkiraan ada, berapa misalnya, tapi kan harus resmi ada lembaga yang melakukan itu. Jadi di situ ada barang bergerak dan tidak bergerak, bahan bangunan, juga ada surat surat terkait sertifikat atau perusahaan," terangnya.

Setelah diserahkan ke kurator, aset ini sementara dititipkan di rumah barang sitaan negara sambil menunggu penaksiran.

"Setiap orang, agen dapat berapa itu nanti kurator yang melakukan itu," ujarnya.

Tonton juga Hakim Jatuhkan Denda Rp 1 Miliar ke Abu Tours :

[Gambas:Video 20detik]

(tfq/asp)