Akan Disebar Saat Valentine, Peredaran 38.400 Pil H5 Digagalkan Polisi

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Kamis, 06 Feb 2020 13:31 WIB
Polda Metro tangkap jaringan pengedar pil happy five
Polda Metro menangkap jaringan pengedar pil Happy Five. (Samsuduha Wildansyah/detikcom)
Jakarta -

Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya menggagalkan peredaran narkotika jenis Happy Five (H5) sebanyak 38.400 butir yang akan diedarkan saat hari Valentine di Jakarta. Happy Five yang dikirim dari Taiwan itu dibungkus dengan permen 'Inggris' untuk mengelabui petugas.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan awalnya pihaknya mendapat informasi terkait akan adanya H5 yang dikirim dari Taiwan ke Indonesia melalui Pos Indonesia pada Januari 2020. Polisi mulai melakukan pemantauan hingga paket itu dikirim sebanyak dua kali dan diterima oleh tersangka berinisial E.

"Ini sekitar kurun waktu 1 minggu lebih melakukan penyelidikan berdasarkan laporan akan ada pengiriman barang dari Taiwan. Ini jaringan internasional," kata Kombes Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (6/2/2020)

Pada 1 Februari di daerah Kemayoran, polisi kemudian menangkap tersangka berinisial E dan menggeledah rumahnya. Di sana, polisi menemukan pil H5 dibungkus dengan 'permen Inggris'.

"Saat ditangkap, diamankan E padanya nggak ditemukan (barang bukti) saat itu. Kemudian digiring masuk ke kediamannya, di dalam rumahnya ditemukan 32 bungkus seperti ini. Ini adalah (bungkus) permen buatan Inggris, ini dia kelabui dengan dibungkus permen buatan Inggris," ungkap Yusri.

Yusri menyebut H5 dengan dibungkus permen Inggris ini merupakan modus baru untuk mengelabui petugas. Dia menyebut biasanya H5 diedarkan dalam bentuk tablet seperti obat.

Akan Disebar Saat Valentine, Peredaran 38.400 Pil H5 Digagalkan PolisiHappy Five dibungkus kemasan 'edisi Valentine'. (Samsuduha Wildansyah/detikcom)

Simak Video "Hewan Unik untuk Valentine, Surabaya"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2