Nasib Kompol Rosa: Dikembalikan Tiba-tiba oleh KPK, Gaji Tak Jelas

Ahmad Bil Wahid, Ibnu Hariyanto - detikNews
Kamis, 06 Feb 2020 10:05 WIB
Gedung KPK
Foto: Gedung Merah Putih KPK (Ari Saputra/detikcom)

Ketua KPK Kembalikan Rosa Sebelum Waktunya

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri menyebut Kompol Rosa sudah dikembalikan ke institusi asalnya yakni Polri yakni sejak 22 Januari 2020. Padahal masa tugas Rosa di KPK sampai September 2020.

"Tolong dipahami bahwa Kompol Rosa dan Indra betul sudah dikembalikan ke Mabes Polri," kata Firli kepada wartawan, Selasa (4/2).

Firli mengatakan Kompol Rosa sudah dikembalikan ke Polri sejak 22 Januari 2020. Pengembalian Kompol Rosa dan Indra sesuai dengan keputusan pimpinanKPK.


Firli menambahkan surat keputusan pengembalian Kompol Rosa sudah ditandatangani oleh Sekjen KPK dan petikan surat tersebut juga ditandatangani Karo SDM Polri. Menurut Firli, Kompol Rosa sudah tak bekerja di KPK per 1 Februari 2020.

Polri Tak Menarik Balik Kompol Rosa

Di sisi lain, Polri tidak menarik Kompol Rosa. Untuk diketahui Rosa 'dijadwalkan' kembali ke Polri pada September 2020.

"Jadi gini memang kami dapat informasi bahwa Kompol Rosa dikembalikan oleh KPK ke Polri, tapi Polri tetap kemarin pernah memberikan surat pembatalan artinya surat kepada KPK bahwa untuk Kompol rosa tidak ditarik" kata Karo Penmas Div Humas Mabes Polri, Brigjen Argo Yuwono kepada wartawan di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (6/2/2020).

Argo mengatakan pihak Polri belum mendapat surat pemberhentian Kompol Rosa dari KPK. Namun, dia memastikan Kompol Rosa akan tetap di KPK hingga September 2020.

"Kami dari kepolisian tidak menarik. Intinya Kompol Rosa sampai September 2020 di KPK," ucapnya.

Halaman

(rdp/fjp)