92 Siswa SPN Polda Lampung Keracunan, Polisi Periksa Pihak Katering

Audrey Santoso - detikNews
Kamis, 06 Feb 2020 04:54 WIB
92 Siswa SPN Polda Lampung Keracunan, Polisi Periksa Pihak Katering
Foto: dok. Polda Lampung
Lampung -

Sebanyak 92 siswa Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Lampung mengalami keracunan. Para siswa mengeluh mual, sakit kepala hingga muntah usai makan pagi, pukul 07.00 WIB.

"Sebanyak 92 siswa yang mengeluh tersebut langsung dilakukan pengobatan di Klinik SPN," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad kepada detikcom, Rabu (5/2/2020).


Pandra menuturkan pihaknya menyelidiki ada atau tidaknya unsur klalaian dalam tahap kontrol kualitas makanan untuk para siswa. Dalam peristiwa ini ada 13 iswa yang mendapat penanganan medis intensif.

"Ada 13 siswa yang dirujuk ke RS Bhayangkara Polda Lampung dan 13 Siswa di antaranya sedang dilakukan perawatan dan observasi lebih lanjut. Namun saat ini kondisi sebagian siswa sudah semakin pulih," ujar Pandra.

"Bidpropam saat ini sedang melakukan penyelidikan terkait hal itu (siswa keracunan, red). (Arah penyelidikan, red) apakah ada kelalaian," imbuh dia.


Pandra menyampaikan saat ini Bidang Propam Polda Lampung sedang memeriksa penyedia jasa catering. "CV Berkat Jaya, penyedia jasa makanan bagi siswa SPN Polda Lampung," ucap Pandra.

Keracunan massal ini dialami siswa Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba Polri) dan siswa pelatihan di SPN Kemiling, Keracunan terjadi usai para siswa memakan ayam suwir dan kacang panjang, yang menjadi menu sarapan.

"Pemeriksaan sampel makanan di Lab di RS Bhayangkara tengah dilakukan atas menu makan pagi yang dikonsumsi pada jenis makanan ayam suir dan kacang panjang yang dikonsumsi para siswa SPN Polda Lampung," jelas dia,

(aud/aik)