ADVERTISEMENT

Bertemu Ma'ruf Amin, Mendagri Bahas Usulan Pangkas Birokrasi Dana Desa-BOS

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Rabu, 05 Feb 2020 17:25 WIB
Mendagri Tito Karnavian (Matius Alfons-detikcom)
Foto: Mendagri Tito Karnavian (Matius Alfons-detikcom)

Dia pun mengaku telah berkomunikasi dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Pendidikan Nadiem Makarim mengenai upaya pemangkasan birokrasi ini. Namun, dia menyebut, masih ada masalah pada upaya pemangkasan birokrasi ini.

"Problemnya adalah pertama masalah pembinaan, pengawasan, dan pengelolaan keuangan. Jangan sampai nanti, yang pertama yang soft saja, jangan sampai kepala sekolah sibuk dengan menerima dana kemudian sibuk dengan tugas yang lain sampai menanganinya itu perencanaan, pengelolaan keuangan, SPJ, pengadaan dan lain lain," tuturnya.

Tito tak ingin upaya ini justru membuat berbagai pihak tidak dapat fokus menjalankan tugas utamanya. Dia mengakui bahwa otonomi atau independensi keuangan bisa membawa dampak positif dan negatif.


"Yang kedua, memindahkan potensi penyimpangan keuangan di tingkat provinsi dan kabupaten dipindahkan ke sekolah. Kenapa? Karena pegang uang para kepala sekolah," ujar Tito.

Dia kemudian mengatakan diskusinya dengan Ma'ruf mengenai hal ini masih pada tahap penguatan ide. Tito menyebut dialog ini diperlukan, mengingat peran Kemendagri yang cukup sentral dalam hal koordinasi dengan pemerintah daerah.

"Kementerian dalam negeri memegang peranan cukup penting untuk menjembatani sinkronisasi antara pusat dan daerah," pungkasnya.


(jef/azr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT