Putin Ditilang-Jokowi Tidak, Penggugat: Seharusnya Presiden Beri Contoh

Dwi Andayani - detikNews
Selasa, 04 Feb 2020 17:53 WIB
MK menggelar sidang gugatan yang diajukan Mahasiswa UKI Jakarta soal lampu motor wajib dinyalakan di siang hari. Salah satu pemohon malah tidak punya SIM.
Eliadi-Ruben (Ari Saputra/detikcom)
Eliadi mengatakan, yang terjadi justru tidak ada penilangan terhadap Jokowi. Menurutnya, hal ini lah yang disesalkan.

"Tapikan kemudian tidak dilakukan penilangan. Ini yang cukup kita sesalkan," kata Eliadi.

Dia berpendapat, perlu adanya asas kesamaan bagi setiap orang di hadapan hukum. Sehingga perlu dilakukan penilangan atau sanksi bagi setiap orang yang melanggar.

"Saya pikir kita harus tetap mengedepankan asas equality before the law, artinya bahwa apabila kita memang telah melanggar hukum maka kita harus ditilang ataupun kita harus diberikan sanksi," tuturnya.

Putin yang merupakan orang nomor 1 di Rusia itu menghadiri kegiatan sepeda motor yang diadakan oleh klub motor Night Wolves pada Agustus 2019. Aksi Putin mengendarai sepeda motor ini disiarkan oleh TV Nasional Rusia ini menampilkan ia sedang menunggangi motor Ural yang diikuti oleh dua pimpinan pemerintahan di Crimea.

Kelalaian Putin dalam berkendara secara aman ini menuai protes khususnya di kota Moskow. Setelah ramai dibicarakan rakyatnya, Putin memilih ditilang.

"Apabila memang diperbandingkan, saya pikir biarlah masyarakat yang menilai itu, atau kepentingan Putin dengan Jokowi saya pikir pandangan orang beda-beda," kata Eliadi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4