Sejarah Mencatat Ketum PAN Belum Pernah Dua Periode

Mochamad Zhacky - detikNews
Selasa, 04 Feb 2020 14:43 WIB
Logo PAN - 2019
Foto Logo PAN: Redaksi
Jakarta -

Sejarah kontestasi pucuk pimpinan PAN mencatat tak ada ketua umum (ketum) yang menjabat selama dua periode kepemimpinan. Partai berlambang matahari putih itu juga identik dengan sosok Amien Rais.

"Sejarah hingga saat ini mencatat bahwa Ketua Umum PAN belum pernah ada 2 periode. Kemudian sejarah juga mencatat kubu Amien Rais masih mendominasi dan sulit dikalahkan," kata pengamat politik Hendri Satrio kepada wartawan, Selasa (3/2/2020).


Hendri menilai sejarah tersebut bakal kembali ditorehkan dalam pemilihan Ketum PAN periode 2020-2025 yang akan digelar pada pertengahan Februari ini. Dia juga melihat kader-kader PAN, seperti Yandri Susanto, Viva Yoga Mauladi dan Sekjen PAN saat ini, Eddy Soeparno akan tetap menjadi motor partai.

"Nampaknya sejarah sulit tidak berulang di Kongres PAN. Maka nampaknya, tak kejutan diakhir Kongres PAN kali ini," terang Hendri.

"Saya prediksi orang-orang handal di PAN seperti Drajad Wibowo, Yandri, Viva Yoga, Eddy Soeparno, Bara Hasibuan, Daulay tetap jadi motor andalan PAN untuk membesarkan partai siapapun ketumnya kelak," imbuhnya.

Simak Video "Keyakinan Asman Abnur Menatap Kursi Ketua Umum PAN"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2