PD-PKS Serahkan Usulan Pansus Hak Angket Jiwasraya ke Pimpinan DPR

Mochamad Zhacky - detikNews
Selasa, 04 Feb 2020 14:24 WIB
PD-PKS Serahkan Usulan Pansus Hak Angket Jiwasraya ke Waka DPR Aziz Syamsuddin
Foto: PD-PKS Serahkan Usulan Pansus Hak Angket Jiwasraya ke Waka DPR Aziz Syamsuddin (Zacky-detikcom)


Azis sendiri memastikan akan meneruskan usulan pembentukan pansus hak angket Jiwasraya ini sesuai aturan yang berlaku. Selanjutnya, usulan tersebut akan dibawa ke rapat Bamus DPR untuk ditentukan jadwal pengambilan keputusan dalam rapat paripurna.

"Terima kasih, dan proses siang hari ini kami terima. Dalam penerimaan ini akan sesuai mekanisme sesuai tatib (tata tertib DPR), khususnya di Pasal 164, di mana hak-hak anggota Dewan yang bisa menggunakan hak itu ditandatangani lebih dari satu fraksi. Tentu ini akan menjadi perhatian pimpinan," kata Azis.


Seperti diketahui, terkait penyelesaian kasus Jiwasraya, tiga Komisi di DPR, yaitu Komisi III, VI dan XI memutuskan untuk membentuk panitia kerja (panja). Untuk panja di Komisi VI sudah bekerja. Sementara panja di Komisi III baru disahkan. Tinggal Komisi XI yang belum disahkan.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad sebetulnya mendorong persoalan keuangan Jiwasraya diusut menggunakan panja. Dasco menilai kerja panja akan lebih cepat daripada pansus.

"Ya kalau menurut saya kita akan terlalu lama bikin pansus prosesnya. Jadi, karena pemerintah itu sudah melakukan hal-hal yang perlu kita respons cepat ya kita akan segera ini. Kalau panja kan cepat aja, hari ini bisa segera bikin panja-panja di masing-masing komisi," kata Dasco di gedung DPR, Rabu (15/1).

Halaman

(zak/zap)