Sejarah World Cancer Day atau Hari Kanker Sedunia, dan 6 Penyakit Mematikan

Rosmha Widiyani - detikNews
Selasa, 04 Feb 2020 08:39 WIB
hari kanker sedunia - image fokus
Hari kanker sedunia atau World Cancer Day 2020 (Foto: infografis/detikcom)

3. Kanker usus besar

Gaya hidup menjadi faktor risiko terbesar penyakit kanker usus besar yang terdiri atas pola makan, obesitas, kurang aktivitas fisik, dan konsumsi alkohol. Untuk mencegah kanker usus disarankan mengurangi alkohol, konsumsi daging olahan, dan makan daging merah secukupnya.

4. Kanker prostat

Kanker ini khas terjadi pada laki-laki yang berusia lanjut atau lebih dari 65 tahun. Penyakit ini umumnya tidak menunjukkan gejala dan diam di satu tempat. Namun jika sudah metastase, penyebarannya ke organ lain sangat cepat hingga sulit sembuh. Kanker prostat mengakibatkan pasien susah buang air kecil, sakit pinggul, dan punggung.

5. Kanker serviks

Selain kanker payudara, kanker serviks yang menyerang leher rahim menjadi yang paling sering menyerang perempuan. Penyakit akibat Human Pappiloma Virus (HPV) bisa dicegah serta pemeriksaan Pap Smear atau Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA).

6. Kanker hati

Penyakit bisa diakibatkan sejarah keluarga, penyalahgunaan alkohol, infeksi kronis Hepatitis B dan C, pengerasan atau sirosis, serta hemokromatosis akibat banyaknya zat besi dalam hati. Sebab lain adalah perlemakan hati (fatty liver) atau liver obesitas. Pasien umumnya tidak merasakan gejala hingga kanker mencapai tahap lanjut.

Melalui Hari Kanker Sedunia atau World Cancer Day semoga kian mengingatkan individu untuk berkomitmen meningkatkan kesadaran dan melawan kanker.

Halaman

(row/erd)