Tepis Pesan Berantai, Polisi: Tak Ada Ranjau Paku di Tol Bandara Soetta

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Senin, 03 Feb 2020 18:04 WIB
Ranjau Paku Mengintai Pengendara Jakarta di Libur Idul Adha
Ilustrasi ranjau paku yang dipungut. (Foto: Dok. Rohim Saber)
Jakarta -

Sebuah pesan singkat beredar di WhatsApp yang menyebut ada ranjau paku di ruas Jalan Tol Bandara Soekarno-Hatta dari arah Pluit. Polda Metro Jaya saat dikonfirmasi membantah hal tersebut.

"Bukan (ranjau paku), nggak ada. Saya ini muterin dari pagi nggak nemu ranjau paku, tidak ada. Saya pastikan tidak ada ranjau paku," kata Kepala Induk 5 PJR Polda Metro Jaya AKP Mulyono saat dikonfirmasi detikcom, Senin (3/2/2020)


Dari informasi yang tersebar itu, disebutkan terdapat ranjau paku di ruas Jalan Tol Bandara dari arah Pluit yang mengakibatkan beberapa pengendara mengalami pecah ban. Mulyono menyebut hal itu disebabkan jalan berlubang yang tergenang air, bukan karena ranjau paku.

"Jadi gini, itu dari JLB (Jalan Tol Bandara) yang mau mengarah ke Kapuk itu tadi ada genangan sekitar 5 cm, nutup aspal. Di situ mungkin ada batu yang tajam-tajam," kata Mulyono.


"Jadi jalanannya tergenang, ada lubang tidak terlihat. Jadi orang yang lewat jalur itu hantam libang. Ini udah kita lihat ada batu-batu tajam itu," sambungnya.

Lubang itu disebutnya sedalam 6-7 cm tapi bentuknya miring. Lubang jalannya itu tepatnya berada di Km 25.200 jalur atas arah Gerbang Tol Kapuk.

"Lubang itu langsung ditambal oleh Jasa Marga," kata Mulyono.

Informasi terkait adanya ranjau paku itu tersebar di WhatsApp. Dalam informasi itu, disebut-sebut ada ranjau paku yang mengakibatkan beberapa pengendara mobil mengalami pecah ban.

Berikut ini isi pesan berantai tersebut:

☝Waspadalah Hati-2 dari Tol Bandara Cengkareng Dari Arah Pluit; Ada Ranjau Paku; Tlh 16 (Enam Belas) Mobil Yg Tlh Terlihat Ban-2 nya Bocor; Malah ada 2 (Dua) s/d 3 (Tiga) Ban Yg bocor/ Unit Mobil Yg Korban. Tolong Diterus kan Kpd Ybs. Agar Pihak Manajemen Jasa Marga Mampu Mengambil Tindakan Yg Cepat & Tepat; Kasihan Kpd Si Korban; Lg hujan-2an. Tks. 🙈,"

(sam/dkp)