Mengapa Marak Muncul Kerajaan, dari Agung Sejagat hingga King of The King?

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 02 Feb 2020 12:09 WIB
Petinggi Sunda Empire Raden Rangga
Foto: Petinggi Sunda Empire Raden Rangga (dok. pribadi)
Jakarta -

Sosiolog dari Universitas Nasional (Unas) Jakarta, Nia Elvina mengatakan maraknya fenomena kerajaan yang muncul di Tanah Air beberapa waktu terakhir dikarenakan minimnya kesejahteraan sosial dari masyarakat itu sendiri. Informasi yang akurat hanya beredar di kalangan elite semata.

"Saya kira maraknya fenomena munculnya kerajaan-kerajaan akhir-akhir ini merupakan salah satu respon masyarakat terhadap masih minimnya pemenuhan harapan masyarakat dari pemerintah," kata dia saat dihubungi di Jakarta sebagaimana dilansir Antara, Minggu (2/2/2020).

Ia menambahkan ketika minimnya kesejahteraan sosial tadi, d isaat bersamaan muncul ajakan dari kelompok tertentu yang mengaku bisa memberikan kehidupan sosial ekonomi jauh lebih baik. Akibatnya, masyarakat yang merasa kesejahteraan sosial ekonominya tidak terpenuhi tadi langsung menerima tawaran itu dengan harapan adanya perbaikan kehidupan.

"Ketika ada tawaran tentang harapan mengenai kehidupan sosial ekonomi yang lebih baik dari kerajaan ini, masyarakat akan segera mempercayai," lanjut dia.

Mengapa Marak Muncul Kerajaan, dari Agung Sejagat hingga King of The King?Foto: (dok. istimewa)

Apalagi, sebagian besar masyarakat tadi merupakan kelompok atau kategori kelas menengah ke bawah yang notabene kehidupan ekonomi dan pendidikan mereka rendah.

Tonton video Membuka Selubung Keraton Agung Sejagat:

Selanjutnya
Halaman
1 2