Persiapan Terbang ke RI, WNI di Wuhan Periksa Imigrasi-Check In Bagasi

Mochamad Zhacky, Zunita Putri - detikNews
Sabtu, 01 Feb 2020 23:55 WIB
Pelepasan tim penjemput kepulangan WNI di Wuhan, Cbina (Wilda HN/detikcom)
Pesawat yang dipakai tim penjemput kepulangan WNI dari Wuhan, China (Wilda HN/detikcom)
Jakarta -

Pesawat tim penjemput warga negara Indonesia (WNI) sudah mendarat di Bandara Internasional Tianhe, Wuhan, Provinsi Hubei, China. Saat ini para WNI tengah menjalani persiapan untuk terbang kembali ke Indonesia.

"(Persiapan) biasa, pemeriksaan Imigrasi, check in bagasi, boarding, dan lain-lain," kata Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun kepada detikcom, Sabtu (1/2/2020) malam.

Djauhari mengatakan waktu keberangkatan pesawat Batik Air tersebut akan disampaikan pihak Kementerian Luar Negeri (Kemlu). Dia mengatakan saat ini para WNI masih mengikuti proses administrasi di Bandara Wuhan.

"Masih proses di Bandara Wuhan. Nanti akan info dari Kemlu apabila sudah terbang," ujar dia.

Saat ditanya soal kepastian jumlah WNI yang akan kembali ke Indonesia, Djauhari mengatakan proses masih berjalan di Wuhan. Data final akan disampaikan secara resmi oleh Kemlu.

"Nanti final dari Kemlu ya karena masih berproses terus di Wuhan," ucap Djauhari.

Menlu Retno Marsudi mengabarkan WNI yang akan dipulangkan ke Indonesia dari Wuhan ada 241. Pemerintah sebelumnya menyebut ada 245 orang yang kembali ke Indonesia dari Wuhan.

"Alhamdullillah... sampai saat ini...241 WNI yg akan kembali semua dalam kondisi sehat..dan protokol kesehatan akan terus diterapkan secara disiplin," kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam posting-an di akun Instagram, Sabtu (1/2/2020) malam.

Selanjutnya
Halaman
1 2