Pasar Jaya Akan Keluarkan Pedagang yang Tak Patuh Pergub Larangan Plastik

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 31 Jan 2020 16:03 WIB
Logo PD Pasar Jaya
Foto: PD Pasar Jaya. (Ari Saputra-detikcom)
Jakarta -

PD Pasar Jaya mengaku akan menegakkan aturan larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai sesuai dengan Pergub Nomor 142 tahun 2019. Menurutnya, pedagang yang melanggar kebijakan itu akan diberikan sanksi.

"Pokoknya kalau nggak tertib kami akan berikan sanksi pasar, mulai peringatan kemudian bisa keluar dari pasar," ucap Dirut PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin, saat dihubungi, Jumat (31/1/2020).

Pelaksanaan kebijakan dimulai pada 1 Juli 2020. Pasar Jaya akan terkena denda oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta jika ada pedagang yang masih menggunakan kantong plastik sekali pakai.

"Iya PD Pasar Jaya juga yang kena. Makanya kami nggak apa-apa kena, tapi pedagang, kami berikan sanksi. Intinya kami berikan pemahaman ini untuk masa depan loh. Kalau kemudian kita tawar-menawar dengan Pergub yang kemudian akhirnya nggak jalan, percuma," kata Arief.

Pasar Jaya juga meminta kepada Pemprov DKI Jakarta untuk memberikan sosialisasi kepada semua pihak. Sehingga, program bebas plastik bisa terlaksana dengan baik.

"Kesulitan pasti ada, cuman saya minta pemerintah jangan (hanya) hulunya dikasih tahu, hilirnya juga. Supaya hulu tidak boleh memproduksi kantong," Kata Arief.

Selanjutnya
Halaman
1 2