TNI AU Siap Tambah Pesawat untuk Evakuasi WNI di Wuhan China

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 30 Jan 2020 09:29 WIB
Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna
Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna (Foto: Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah terus menggodok rencana evakuasi warga negara Indonesia (WNI) di Provinsi Hubei, khususnya wilayah Wuhan, China yang menjadi asal virus corona. Untuk itu, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) bersiap menambah pesawat yang diperlukan dalam membawa WNI kembali ke Indonesia.

"Kita menyiapkan dua (pesawat) boeing dan satu (pesawat) hercules. Kalau misalnya bertambah sesuai perintah Panglima, kita siap," ujar Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna usai rapim TNI AU 2020 di Puri Ardhya Garini, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (30/1/2020).

Ia menegaskan jika TNI AU siap kapan pun pemerintah menugaskan untuk melakukan proses evakuasi WNI di Wuhan. Namun demikian, hingga saat ini ada beberapa hal teknis dan operasional yang masih terus dipertimbangkan.

"Jadi perkembangan terakhir yang saya monitor masih mempertimbangkan beberapa hal teknis dan operasional. Kalau kita lihat pemerintah Jepang dan Amerika menggunakan pesawat charter, itu juga menjadi salah satu bahan pertimbangan," ungkap Yuyu.

"Tapi yang jelas kami, TNI AU, menyiapkan alutsista apabila pemerintah memerintahkan kapan pun kepada AU untuk menjemput saudara kita yang berada di Wuhan, China," sambungnya.

Selain menyiapkan pesawat evakuasi, Yuyun mengatakan TNI AU juga akan menyiapkan batalion kesehatan untuk menangani WNI. Dalam teknis pelaksanaannya, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan.

Seperti diketahui, Kota Wuhan saat ini telah ditutup pemerintah China. Sejumlah mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Wuhan beberapa kali menyampaikan curhatan untuk bisa dijemput karena kondisi di Wuhan digambarkan mencekam akibat wabah virus corona.

(azr/azr)