Momen 100 Hari Jokowi-Ma'ruf di Sektor Pertahanan Keamanan

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Rabu, 29 Jan 2020 18:37 WIB
Peringatan HUT Ke-74 TNI Tahun 2019 digelar di Lapangan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur. Berbagai pesawat tempur milik TNI bermanuver di langit Jakarta.
Presiden Joko Widodo menginspeksi pasukan saat upacara HUT TNI ke-74. (Rifkianto Nugroho/detikcom)

2. Tanah Papua yang Selalu Membara

Jelang akhir periode pertama pemerintahan Joko Widodo tanah Papua diguncang kerusuhan sebagai buntut kasus penghinaan atas dasar rasisme terhadap mahasiswa asal Papua di Surabaya, Jawa Timur.

Awal periode kedua, Papua terus bergolak. Pertengahan Desember 2019, dua prajurit TNI Angkatan Darat gugur saat kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya. Dua korban itu yakni Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar dan Serda Rizky.

Peristiwa ini berawal informasi yang didapatkan Satgas Gakum TNI dan Polri dari warga Sugapa soal gangguan keamanan berupa intimidasi, kekerasan fisik, serta perampokan yang dilakukan KKB.

Informasi tersebut lalu ditindaklanjuti dengan melakukan patroli pengamanan di lokasi yang diduga menjadi basis kegiatan KKB. Sekitar pukul 15.30 WIT hari Selasa (12/12/2019) terjadi kontak senjata yang mengakibatkan gugurnya dua prajurit.

Beberapa hari kemudian, baku tembak dilaporkan terjadi lagi di Intan Jaya tepatnya Distrik Ugimba, Intan Jaya, Papua. Dilaporkan ada satu prajurit gugur dan 3 lainnya terluka.

Akhir tahun 2019 ditutup dengan baku tembak di Keerom. Diperkirakan ada 10 orang anggota KKB dari kelompok Jefri Pagawak yang terlibat dalam kontak senjata saat anggota Batalyon Infantri 713/Satya Tama mengambil logistik di Pos Kaliasin.

Baku tembak kembali terjadi dengan KKB pada Sabtu (11/01/2020) pagi. Kali ini di wilayah Bandara Distrik Kenyam, Nduga. Akibatnya satu personel Brigade Mobil (Brimob) dari Polda Maluku, Bharatu Luki Darmadi terluka di bagian paha.

Terakhir hari Minggu (26/1/2020) lalu meletus kontak senjata di Distrik Sugapa, Intan Jaya. Kali ini seorang anggota KKB yang dipimpin Lekakak Telenggen tewas. Sementara seorang lagi diserahkan masyarakat pada pihak keamanan.

Erick: Jika Industri Pertahanan Mau Maju, Perlu Blueprint 10-15 Tahun

[Gambas:Video 20detik]

Halaman

(pal/fjp)