Silang Pendapat soal Revitalisasi Monas hingga Akhirnya Sepakat Disetop

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 29 Jan 2020 18:00 WIB
Revitalisasi Monumen Nasional (Monas), berjalan terus meski mendapat protes dan kontroversi. Berikut foto-foto penampakan terkininya.
Revitalisasi Monas (Rengga Sancaya/detikcom)

Pemprov DKI Tetap Klaim Tak Langgar Aturan

Lagi-lagi Pemprov DKI Jakarta yakin bahwa revitalisasi Monas tak melanggar aturan. Pemprov DKI yakin proses revitalisasi sudah sesuai dengan Keppres No 25 Tahun 1995 tentang Pembangunan Kawasan Medan Merdeka di Wilayah DKI Jakarta.

"Pertama bahwa yang sekarang DKI sedang kerjakan adalah revitalisasi kawasan Medan Merdeka sisi selatan. Yang kita kerjakan ini masih sesuai dengan Keppres 25 Tahun '95, jadi masih cocok," ujar Sekda DKI Jakarta Saefullah di Balai Kota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (24/1).

Kendati demikian, Pemprov DKI tetap akan menyerahkan izin ke Komisi Pengarah terkait revitalisasi Monas.

Mensesneg Minta Revitalisasi Monas Dihentikan

Mensesneg Pratikno meminta Pemprov DKI Jakarta menghentikan revitalisasi Monas untuk sementara waktu. Perintah itu dikatakan Pratikno karena DKI belum memperoleh izin revitalisasi dari Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka.

"Karena itu (izin) jelas belum ada, ada prosedur yang belum dilalui ya kita minta untuk disetop dulu," ujar Pratikno di Kementerian Sekretariat Negara, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Senin (27/1).


Pratikno juga menyurati Pemprov DKI terkait hal ini. Dia mengatakan Pemprov DKI sudah mengirimkan surat pemberitahuan revitalisasi Monas. Namun, Pratikno meminta Pemprov DKI taat pada aturan sebelum melakukan revitalisasi kawasan Medan Merdeka.