Silang Pendapat soal Revitalisasi Monas hingga Akhirnya Sepakat Disetop

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 29 Jan 2020 18:00 WIB
Revitalisasi Monumen Nasional (Monas), berjalan terus meski mendapat protes dan kontroversi. Berikut foto-foto penampakan terkininya.
Revitalisasi Monas (Rengga Sancaya/detikcom)

Kemensetneg Belum Terima Izin Revitalisasi Kawasan Monas

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) mengatakan izin revitalisasi Monas belum diajukan oleh Pemprov DKI. Kemensetneg pun berpedoman pada Keppres 25 Tahun 1995.

"Mungkin bisa dilihat di Keppres 25 Tahun 1995 tentang Pembangunan Kawasan Medan Merdeka ya. Mungkin bisa dibaca di sana tentang komisi pengarah dan badan pelaksana tugasnya apa saja. Tapi yang jelas bisa saya sampaikan bahwa pembangunan itu, revitalisasi itu belum ada izin dan memang belum pernah ada pengajuan izin," kata Sekretaris Utama Kemensetneg Setya Utama saat dihubungi, Rabu (22/1).


Setya menjelaskan yang sudah diterima ialah soal izin gelaran Formula E. Bukan izin revitalisasi kawasan Monas. Izin itu pun sedang dibahas. Terkait Formula E, Jakarta Propertindo (JakPro) bersama Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) sebelumnya sudah menyelesaikan rencana sirkuit untuk gelaran tersebut. Lintasan yang digunakan masuk kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Namun, Pemprov DKI menegaskan bahwa revitalisasi Monas bukan untuk gelaran Formula E. Revitalisasi Monas direncanakan rampung sebelum Formula E.

Pemprov DKI Klaim Tak Langgar Aturan soal Cagar Budaya

Pemprov DKI bersikukuh bahwa revitalisasi kawasan Monas tak melanggar aturan. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia menegaskan tak melanggar aturan karena bukan cagar budaya. Menurutnya, untuk kawasan Monas, yang ditetapkan sebagai cagar budaya hanya bagian Tugu Nasional. Untuk titik-titik di kawasan Monas tidak termasuk cagar budaya.

"Biar nggak salah kaprah, cagar budaya itu Tugu Monas-nya, kalau kawasannya nggak cagar budaya," ujar Cucu saat dihubungi detikcom, Kamis (23/1).


Cucu mengatakan revitalisasi di kawasan Monas tidak menjadi permasalahan. Hal ini karena kawasan Monas bukan merupakan area cagar budaya. "Nggak ada masalah, kecuali Tugu Monas-nya. Itu pun di bagian fisik luarnya, kalau interior nggak apa-apa juga," kata Cucu.