2 Kabupaten di Aceh Terendam Banjir, 1.103 Keluarga Terdampak

Agus Setyadi - detikNews
Rabu, 29 Jan 2020 15:38 WIB
Dua kabupaten di Aceh terendam banjir. Seribu lebih kepala keluiarga terdampak (Dok. BPB Aceh)
Foto: Dua kabupaten di Aceh terendam banjir. Seribu lebih kepala keluiarga terdampak (Dok. BPB Aceh)
Banda Aceh -

Hujan deras yang mengguyur sebagian Aceh menyebabkan ratusan rumah di dua kabupaten terendam banjir. Ketinggian banjir sekitar 50 sentimeter.

Kedua daerah yang dilanda banjir yaitu Aceh Singkil dan Aceh Selatan. Di Aceh Singkil, banjir merendam 96 rumah warga di empat desa di Kecamatan Simpang Kanan.

Penyebab banjir di daerah tersebut yaitu akibat meluapnya Sungai Lae Cinendang. Hal itu terjadi setelah curah hujan tinggi mengguyur di hulu sungai bagian daerah Pak-Pak Barat, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

"Banjir yang terjadi sejak semalam juga merendam jalan antara Subulussalam-Singkil sepanjang 300 meter dengan ketinggian air kurang lebih 30-40 sentimeter," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Sunawardi dalam keterangannya, Rabu (29/1/2020).

Menurutnya, banjir masih merendam daerah tersebut. Tim BPBD Aceh Singkil masih mendata jumlah pengungsi.

Foto: Dua kabupaten di Aceh terendam banjir. Seribu lebih kepala keluiarga terdampak (Dok. BPB Aceh)

Sementara di Aceh Selatan, banjir merendam ratusan rumah warga di enam kecamatan. Banjir yang terjadi sejak pukul 20.13 WIB, Selasa (28/1) malam tadi itu hingga kini belum surut.

Banjir luapan di sana juga terjadi akibat curah hujan tinggi sejak sore hari. Hal itu menyebabkan banjir setinggi 50 sentimeter.

"Banjir dan tanah longsor di beberapa kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Selatan dikarenakan sungai tidak mampu menampung debit air, melimpah ke permukiman penduduk dengan ketinggian bervariasi," jelasnya.

Tim BPBD Aceh Selatan masih mendata jumlah rumah terendam. "Korban terdampak yaitu 1.103 kepala keluarga," bebernya.

(agse/jbr)