UNHCR Ungkap 13 Ribu Pengungsi dari 45 Negara di RI, Mayoritas di Jabodetabek

Rahel - detikNews
Selasa, 28 Jan 2020 12:43 WIB
UNHCR
Representatif UNHCR Indonesia Ann Maymann (Foto: Rahel Narda Chaterine/detikcom)
Jakarta -

The United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) mengungkapkan adanya belasan ribu pengungsi dari puluhan negara yang berada di Indonesia. Mayoritas pengungsi itu berada di kawasan Jabodetabek.

"Saat ini di Indonesia terdapat sekitar 13.000 pengungsi dari 45 negara asal yang berbeda di seluruh dunia," kata Representatif UNHCR Indonesia, Ann Maymann, di Hotel Akmani, Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Selasa (28/1/2020).

Maymann menyebut lebih dari 50 persen pengungsi itu berasal dari Afghanistan, disusul kemudian dari Somalia dan Irak. Menurut Maymann, para pengungsi itu sebenarnya tidak ingin membebani Indonesia.

"Pengungsi tidak ingin menjadi beban. Mereka adalah orang-orang yang seperti Anda dan saya yang memiliki keahlian, bakat, dan pengetahuan yang dapat berguna bagi sesama. Mereka adalah orang-orang yang cerdas, memiliki keinginan dan kemampuan besar. Anak-anak mereka memiliki cita-cita untuk menjadi dokter, guru, pengusaha, seperti anak-anak kita," tutur Maymann.

"Indonesia memang belum meratifikasi Konvensi 1951 tentang Pengungsi dan protokolnya, namun Indonesia telah memiliki sejarah kemanusiaan yang panjang dalam memberikan perlindungan kepada pencari suaka dan pengungsi, dinulai sejak adanya krisis pengungsi Indocina pada tahun 1970an. Sejak tahun 1979 berdasarkan permintaan pemerintah, UNHCR resmi hadir di Indonesia untuk membantu pemerintah menangani perlindungan pengungsi di negara ini," imbuh Maymann.

Selanjutnya
Halaman
1 2