Pemko Medan Minta Kecamatan Ajukan Perbaikan Jembatan Lapuk ke Dinas PU

Haris Fadhil - detikNews
Senin, 27 Jan 2020 18:23 WIB
Haris Fadhil-detikcom/  Wakil Ketua DPRD Kota Medan dari Fraksi Gerindra Ihwan Ritonga mengecek jembatan lapuk di Medan Maimun
Foto: Haris Fadhil-detikcom/ Wakil Ketua DPRD Kota Medan dari Fraksi Gerindra Ihwan Ritonga mengecek jembatan lapuk di Medan Maimun
Medan -

Wakil Ketua DPRD Kota Medan dari Gerindra Ihwan Ritonga meminta Pemerintah Kota (Pemko) Medan membangun jembatan baru untuk menggantikan jembatan lapuk di Medan Maimun. Kabag Humas Pemko Medan Arrahman Pane mengatakan bakal menyampaikan hal itu ke Dinas PU.

"Kita sampaikan ke Dinas PU," kata Arrahman, Senin (27/1/2020).

Dia mengatakan pihaknya juga akan menyampaikan informasi itu ke pihak kecamatan. Nah, pihak kecamatan nantinya diminta membuat surat permohonan perbaikan jembatan gantung itu ke Dinas PU.

Pemko Medan Minta Kecamatan Ajukan Perbaikan Jembatan Lapuk ke Dinas PUJembatan ini sudah lapuk dan banyak lubangnya (Datuk Haris Molana/detikcom)

"Nanti disampaikan ke pihak kecamatan untuk membuat surat resmi ke Dinas PU mohon perbaikan jembatan tersebut," ujarnya.

Jembatan lapuk itu berada di Gang Mesjid, Kampung Baru, Medan. Jembatan yang melintas di atas Sungai Deli ini bergoyang dan berbunyi setiap ada warga yang melintas, baik berjalan kaki ataupun dengan sepeda motor.

Besi-besi di jembatan sudah berkarat dan lantai kayunya sudah banyak yang berlubang. Warga setempat mengatakan jembatan itu sudah ada sejak 1970-an dan baru diperbaiki lantai kayunya saja.

Siang tadi, Wakil Ketua DPRD Ihwan Ritonga bersama Wakil Ketua Komisi 4 DPRD Kota Medan Edy Eka Suranta sempat mencoba berjalan di atas jembatan ini. Mereka menilai jembatan sudah tak layak dan harus dibangun jembatan baru.

"Sekarang kan ini udah nggak cocok lagi. Harus bongkar total pasang ulang yang baru. Kondisinya udah jelek," ujar Ihwan.

(haf/jbr)