Jokowi Bicara Penanganan WNI yang Tertahan di China karena Virus Corona

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 27 Jan 2020 14:29 WIB
Presiden Jokowi memberikan keterangan pers terkait pengunduran diri Menpora Imam Nahrawi setelah ditetapkan sebagai tersangka korupsi.
Presiden Jokowi (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah warga negara Indonesia (WNI) masih tertahan di Wuhan, China, imbas wabah virus Corona. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kebutuhan logistik para WNI yang tertahan tengah dipikirkan KBRI Beijing.

"Sementara masih berada di sana. Saya kira KBRI sudah bicara detail mengikuti. Yang paling rumit memang hal-hal yang terkait logistik karena aturan main untuk masuk ke sana sekarang juga sangat ketat sekali. Yang kedua apalagi kita mengirimkan logistik ini masih dalam proses pendalaman dari KBRI kita agar semua bisa terlayani dan berjalan dengan baik," kata Jokowi di PT PAL, Surabaya, Jawa Timur, Senin (27/1/2020).

Jokowi kembali berpesan kepada semua pihak agar waspada terkait penyebaran virus Corona. Pengawasan di setiap bandara, kata Jokowi, sudah dilakukan.

"Saya kira sudah saya sampaikan berkali-kali, yang paling penting kita waspada, yang paling penting kita hati-hati. Pengawasan di semua bandara kita, terutama yang berhubungan dengan flight dari dan ke Tiongkok sudah kita lakukan," ujar dia.

Menurut Jokowi, antisipasi penyebaran virus Corona ini bukan sesuatu yang mudah. Semua negara, disebut Jokowi, mengalami hal serupa.

"Sekali lagi, ini bukan sesuatu yang mudah karena pada masa inkubasi itu panas kadang-kadang tidak bisa terdeteksi dengan scanner yang kita miliki, semua negara juga mengalami hal yang sama. Yang paling penting hati-hati, waspada, terhadap gejala yang ada," ujar dia.

Simak Video "Menkes Soal Virus Corona: Jangan Panik, Enjoy Saja!"

[Gambas:Video 20detik]

(knv/hri)