Dubes Saudi: Penambahan Kuota Haji Tergantung Raja Salman dan Jokowi

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 27 Jan 2020 13:03 WIB
Foto: Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Esam A. Abid Al Thagafi. (Lisye-detikcom)
Jakarta -

Duta Besar (Dubes) Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Esam A. Abid Al Thagafi mengatakan belum ada penambahan kuota jamaah haji asal Indonesia. Esam menyebut penambahan kuota itu adalah pembahasan antara Raja Salman dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pada saat ini masih jumlahnya sama. Tapi tentu itu hal yang tidak dibahas di level kami. Tapi di level pemerintah tertinggi yaitu raja dan juga presiden. Dan apabila ada update terbaru tentu ada dengan senang hati akan kami kabari pada teman-teman media," ujar Esam melalui penerjemahnya usai menemui Wapres Ma'ruf Amin di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin (27/1/2020).

Esam mengatakan Saudi tengah melalukan peningkatan pelayanan jemaah haji. Dia menyebut Saudi juga mengupayakan pengurusan administrasi haji bisa diselesaikan di negara masing-masing sebelum bertolak ke Mekah.

"Kami tadi membahas tidak mengenai kuota tapi terlebih pada peningkatan pelayanan yang diberikan Saudi Arabia kepada para jemaah haji dan umrah. Di antaranya adalah program di mana semua hal administratif bisa diselesaikan negara tersebut sebelum para jemaah haji itu pergi ke Saudi Arabia. Sehingga mengurangi waktu untuk pengurusan administrasi di tempat nanti," tutur Esam.

Esam menjelaskan pihaknya terus berupaya memberikan pelayanan yang baik untuk para jemaah. Pelayanan itu juga diberikan kepada jemaah asal Indonesia.

"Kami sebagai tuan rumah bagi para jemaah haji kami berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh jemaah dan juga termasuk tentunya jemaah haji Indonesia," katanya.

Simak Video "Pembuatan Gelang Jamaah Haji, Jepara"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2