Round-Up

Anggota DPR Pro #TolakSementaraTurisChina

Tim detikcom - detikNews
Senin, 27 Jan 2020 08:54 WIB
Ilustrasi. (Foto: iStock)

Anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat (PD) itu menilai penolakan terhadap kedatangan orang-orang dari China merupakan salah satu antisipasi penyebaran virus Corona. "Sementara ini kalau mau dibatasi begitu, ya, kalau memang menyebar sekali, mungkin langkah yang patut kita antisipasi," terang politikus yang juga Wakil Ketua MPR itu.

Kemudian anggota Komisi I, Bobby Adhityo Rizaldi. Anggota Komisi I dari Fraksi Partai Golkar itu setuju tagar tersebut diterapkan.

"Iya setuju (#TolakSementaraTurisChina) saya, sementara dunia belum ada antidot virus dari Wuhan tersebut," kata Bobby kepada wartawan.

Bobby Adhityo Rizaldi.Bobby Adhityo Rizaldi. (Foto: Ari Saputra)

Bobby menjelaskan, larangan turis China masuk ke Indonesia ini hanya sementara. Ia juga menyarankan agar Kedutaan Besar (Kedubes) Indonesia di Beijing menerapkan kebijakan kekarantinaan.

"Otoritas Indonesia harus menahan WNA asal China yang datang ke Indonesia untuk beberapa waktu ke depan. Kedubes RI di Beijing juga harus siapkan protokol evakuasi dan pencegahan penyebaran virus, misal dengan fasilitas karantina cegah tangkal sementara," sebut Bobby.

Selain itu, Bobby juga meminta pemerintah mengimplementasikan Pasal 17 dan 18 Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Di mana pasal tersebut memberikan kewenangan kepada pemerintah untuk membuat kekarantinaan kesehatan di pintu-pintu masuk, seperti bandara dan pelabuhan.

"Pemerintah perlu penjagaan ekstra di semua pintu masuk dari China, seperti di bandara-bandara daerah, dan menempatkan segera fasilitas deteksi dini, seperti thermal scan dan lain-lain," jelas Ketua DPP Golkar itu.

Halaman

(zak/mae)