Anies Jawab Istana: Saya Tuntaskan Tanggung Jawab Kemayoran Terbebas Genangan

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 26 Jan 2020 23:54 WIB
Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai meninjau underpass Kemayoran yang sempat banjir (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jakarta -

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertanggung jawab atas banjir di underpass Kemayoran, bukan hanya membantu gara-gara kawasan itu merupakan kewenangan Setneg. Anies menegaskan dirinya bertanggung jawab atas seluruh kawasan Jakarta.

"Saya bertanggung jawab atas seluruh kawasan Jakarta, maka saya tuntaskan tanggung jawab itu dan malam hari ini itu sudah selesai. Jadi tidak perlu bicara siapa dan lain-lain," kata Anies di underpass Kemayoran, Jakarta, Minggu (26/1/2020).

Anies mengatakan dirinya telah mengerahkan seluruh sumber dayanya. Dia memastikan malam ini underpass Kemayoran yang disebutnya kewenangan Sekretariat Negara bebas genangan air.

"Gubernur DKI Jakarta mengerahkan semua sumber daya yang ada pada dirinya untuk memastikan bahwa kawasan ini (underpass Kemayoran) terbebas dari genangan air," ucap Anies.

Anies mengatakan pihaknya bakal berbicara dengan PPK Kemayoran untuk mencari solusi mencegah banjir di kawasan tersebut. Solusi itu menurutnya bakal bersifat permanen.

"Nanti kita dibicarakan. Seperti yang saya katakan tadi, ada PPK di sini kemudian dari Pemprov DKI akan bicara, mengatur, seperti apa karena yang bertugas di sini pun bukan pegawai DKI. Jadi kita akan bicara untuk mencari solusi permanen," ucap Anies.

Heru sebelumnya menegaskan sepatutnya penanganan banjir di kawasan Kemayoran juga menjadi tanggung jawab Pemprov DKI. Menurut Heru, sebenarnya semua wilayah Jakarta itu menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Jangan hanya karena ada area yang kewenangannya ada di Sekretariat Negara, jadi Pemprov DKI hanya membantu. Memang sepatutnya menjadi tanggung jawab Pemprov DKI bukan hanya sekedar membantu," ujar Heru dalam keterangannya.

(gbr/mae)