Petani Rumput Laut Jeneponto Tewas Tenggelam karena Epilepsi

Hermawan Mappiwali - detikNews
Minggu, 26 Jan 2020 10:34 WIB
Foto: Pencarian petani rumput laut yang tenggelam oleh petugas Basarnas Bantaeng (Dok. Istimewa)
Jeneponto -

Seorang petani rumput laut di Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sina (34) tewas tenggelam. Jasad korban belum ditemukan sejak tenggelam sekitar 24 jam yang lalu.

Petugas Basarnas Bantaeng mengatakan seorang saksi mata yang berada di dekat perahu korban awalnya melihat korban tiba-tiba gemetar lalu jatuh ke laut pada Sabtu (25/1) sekitar pukul 08.30 Wita. Pencarian jasad korban masih terus dilakukan hingga hari ini.

"Ada yang lihat langsung, kok ini dia (korban) jatuh ke laut. Iya (korban mengalami gejala epilepsi-gemetar sebelum jatuh ke laut)," ujar Koordinator Basarnas Bantaeng Arman Amiruddin saat dimintai konfirmasi, Minggu (26/1/2020).

"Terus informasi dari keluarga memang dia ada penyakit epilepsi, jadi pas jatuh perahu yang dekat dari dia mendekat cuma si korban tidak muncul lagi," sambung Arman.

Arman menjelaskan, titik korban terjatuh ke laut berjarak sekitar 600 meter dari Pantai Karsut Desa Kampala Kecamatan Arungkeke, Jeneponto. Pencarian oleh Basarnas hari ini masih difokuskan di titik tersebut.

"Kemarin kita lakukan pencarian sejak pukul 11.00 Wita dan kita hentikan sementara pada pukul 18.00 Wita. Dan hari ini pencarian kami mulai pukul 08.30 Wita tadi," ujar Arman.

"Titik pencarian korban masih di sekitar titik jatuh yang disebutkan saksi," imbuhnya.

Basarnas Bantaeng menerjunkan 20 orang dalam proses pencarian jasad korban. Enam di antaranya bertugas sebagai tim penyelam. Pencarian ini juga dibantu oleh personel TNI, polisi serta warga.

"Khusus warga mereka yang membantu mencari ada 20 perahu. Jadi mereka sambil bertani rumput laut sambil mencari jenazah korban,' ujar Arman.

Sementara kondisi alam di lokasi disebut Arman cukup bersahabat dan tidak mengganggu upaya pencarian.

"Hanya saja jarak pandang tim penyelam di laut itu maksimal 50 centimeter. Itu karena di lokasi pencarian merupakan kawasan pertanian rumput laut warga setempat," pungkas Arman.

(gbr/gbr)