BPPT Jelaskan Cara Kerja Teknologi Modifikasi Cuaca untuk Cegah Banjir

Zunita Putri - detikNews
Sabtu, 25 Jan 2020 17:54 WIB
Foto: Agus Dwi Nugroho/20detik


Menurut Tri, curah hujan ekstrem biasanya berupa awan cumulonimbus (Cb) yang menjulang tinggi atau bisa juga awan Cb yang dikenal dengan Super Cloud Cluster (SCC). Tri mengatakan TMC juga telah memiliki keahlian mengondisikan awan saat cuaca hujan ekstrem.

"Tim TMC Nasional telah memiliki teknik penerbangan penyemaian pada awan Cu aktif. Seandainya pun awan sudah menjadi Cb, pada batas tertentu Tim TMC masih mampu melakukan penyemaian pada titik-titik yang aman menurut pengamatan dan perhitungan kru pesawat," tutur dia.



Selain itu, untuk menyemai atau menambahkan awan buatan itu, lanjut Tri, tim TMC tidak perlu berada di puncak awan. Dia menyebut level ketinggian penyemaian bukan tolok ukur efektivitas penyemaian awan. Menurutnya, cara penyemaian awan yang wajar itu dari dasar awan 3 ribu kaki pada awan menjulang dengan ketinggian puncaknya mencapai puluhan ribu kaki.

"Dalam sebuah awan terdapat aliran ke atas (updraft) dan aliran ke bawah (downdraft). Begitu bahan semai masuk ke dalam awan, maka bahan semai akan menyebar ke hampir seluruh bagian awan. Ini ibarat ular yang tidak harus mematuk kepala manusia untuk membunuh. Tapi cukup mematuk kaki saja, maka bisa/racun akan menyebar dan mampu membunuh," jelasnya.



Tri menjelaskan di Indonesia hanya BBTMC BPPT yang melakukan litbangjirap TMC. Oleh karena itu, Tri meminta dukungan semua pihak.

"Tentu ini berat. Sedangkan di banyak negara, dukungan riset dari perguruan tinggi cukup kuat. Diperlukan pula penguatan armada baik melalui skema penggunaan pesawat TNI maupun pengadaan pesawat baru. Termasuk penggunaan metode baru seperti roket atau artileri sebagaimana dilakukan oleh China. Atau mungkin penggunaan pesawat tanpa awak. Selain itu juga diperlukan dukungan anggaran yang terencana agar TMC bisa dilaksanakan secara lebih efektif. Ke depan, BPPT bersama para stakeholder juga akan menggunakan kecerdasan buatan (yang saat ini sedang dibangun) untuk menunjang operasi TMC," pungkasnya.

Simak Video "25 Ribu Kg Garam Sudah Disebar untuk Modifikasi Cuaca"

[Gambas:Video 20detik]

Halaman

(zap/hri)