3 WN China di Malaysia Terinfeksi Virus Corona, KBRI Pantau Situasi

Zunita Putri - detikNews
Sabtu, 25 Jan 2020 13:35 WIB
Ilustrasi (Antara Foto)
Jakarta -

Otoritas Malaysia mengonfirmasi sedikitnya tiga orang yang berasal dari China di wilayah mereka positif terinfeksi virus Corona. KBRI Malaysia memantau situasi terkait keberadaan WNI di Malaysia.

"Saya baru tahu kabar tersebut dari media Malaysia. KBRI memantau situasi ini dan akan terus koordinasi dengan berbagai pihak Pemerintah Pusat, antar perwakilan di Malaysia maupun Pemerintah Malaysia," kata Koordinator Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Malaysia Agung Cahya Sumirat saat dihubungi, Sabtu (25/1/2020).

"Sejauh ini belum ada laporan adanya warga (WNI, red) yang terpapar Coronavirus di Malaysia," sambungnya.

Seperti dilaporkan kantor berita Malaysia, Bernama, Sabtu (25/1), Menteri Kesehatan Malaysia Dr Dzulkefly Ahmad untuk pertama kalinya mengonfirmasi adanya kasus virus Corona di Malaysia. Dia mengatakan tiga warga China yang positif terinfeksi virus Corona ini merupakan bagian dari delapan warga China yang dikarantina di Johor Bahru.

Menurut Dr Dzulkefly, ketiganya masih kerabat dekat dari seorang pria China berusia 66 tahun yang menjadi pasien virus Corona pertama di Singapura. Pasien pertama di Singapura itu merupakan warga Wuhan--asal muasal virus Corona--yang tiba dari Guangzhou, China, pada 20 Januari lalu. Dia terkonfirmasi positif virus Corona pada 23 Januari.

Pasien pertama di Singapura yang tidak disebut namanya itu masih dikarantina di Singapore General Hospital dan kini dilaporkan dalam kondisi stabil.

Lebih lanjut, ketiga warga China yang positif terinfeksi virus Corona di Malaysia terdiri atas seorang wanita berusia 65 tahun, yang merupakan istri dari pasien pertama di Singapura, dan dua cucu laki-lakinya.

Tonton juga 70 Ribu Bioskop di China Tutup karena Virus Corona :

[Gambas:Video 20detik]

(hri/idn)