Kirab Kebangsaan Semarang, Puluhan Ribu Orang Bentangkan Merah Putih

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 22:21 WIB
Foto: Dok Pemkot Semarang
Jakarta -

Kirab Kebangsaan Merah Putih sukses digelar di Kota Semarang dengan mengibarkan bendera merah putih oleh ribuan orang. Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi pun menyebut hal tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan sektor wisata.

"Habib Lutfi ingin mengangkat Kota Semarang melalui pariwisatanya terutama pariwisata religi, yang sudah terbukti dari banyaknya tempat-tempat wisata religi yang ada," ujar Hendi dalam keterangan tertulis, Jumat (25/1/2020).

Tercatat puluhan ribu orang terlibat langsung dalam Kirab Kebangsaan Merah Putih yang berlangsung mulai pukul 06.00-10.00 Wib dengan menempuh rute dari Jalan Depok, Jalan MH Thamrin, Jalan Pandanaran dan finish di Lapangan Simpanglima.

Usai kirab, digelar kegiatan bakti sosial dengan membagikan 5.000 sembako dan pengobatan gratis di sekitar Lapangan Simpanglima Semarang dilakukan.

Hendi menjelaskan berbagai pihak turut terlibat dalam menyukseskan kegiatan tersebut. Tak hanya Pemerintah Kota Semarang, TNI-Polri beserta masyarakat juga antusias mendukung acara.

Ia pun berharap agar masyarakat dapat terus mempererat rasa kekompakan dan keguyuban, serta terus menggali hal-hal yang bersifat gotong royong, dalam semangat persatuan Indonesia.

"NKRI harga Mati, Pancasila adalah ideologi kita, Indonesia Maju, Jateng Gayeng, Semarang Semakin Hebat," tandas Hendi saat melepas peserta Kirab Kebangsaan Merah Putih di Kota Semarang.

(ega/ega)