KPK Konfirmasi ke Hasto Kristiyanto soal Duit Suap Wahyu Setiawan

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 21:54 WIB
Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

KPK memeriksa Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto terkait suap pergantian antarwaktu DPR PDIP yang menyeret tersangka Wahyu Setiawan. KPK mengkonfirmasi kepada Hasto perihal sumber dana yang didapat Wahyu Setiawan.

"Ya tentunya seluruh fakta yang ada dari hasil penyelidikan dikonfirmasi kepada para saksi karena bersumber dari BAPK, berita acara permintaan keterangan, yang itu kemudian bagian dari fakta sementara," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan di gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat (24/1/2020).

Ali mengatakan pihaknya akan mendalami kembali fakta-fakta dan alat bukti yang didapat KPK. Keterangan awal dalam BAPK nantinya akan dikonfirmasi kepada para saksi yang berkaitan dengan kasus tersebut.

"Nah itulah minimal yang menjadi dasar pemeriksaan penyidik dalam menanyakan, mencari pada para saksi. Saya pikir dari situ dasarnya. Tetapi tidak dari situ saja, karena ada pengembangan lebih lanjut karena saksi tentunya tidak hanya dari hasil penyelidikan," ucapnya.

Selain Hasto, dua komisioner KPU beserta beberapa staf PDIP turut diperiksa. Mereka juga dicecar terkait mekanisme pergantian antarwaktu (PAW) hingga usulan PAW Harun Masiku yang diusulkan PDIP.

"Pemeriksaannya seputar, jadi semua saksi diperiksa untuk empat tersangka. Keterangannya masih seputar PAW, mekanisme PAW, dan bagaimana ada usulan PAW antara tersangka HAR (Harun Masiku) yang diusulkan DPP PDIP," ujar Ali.

Selanjutnya
Halaman
1 2