Round-Up

Cerita Penggenangan di Tengah Banjir Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 21:28 WIB
Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta -

Dari sejumlah titik banjir Jakarta hari ini, sedikitnya ada empat area kosong di Jakarta Utara yang sengaja digenangi. Penggenangan tersebut dilakukan karena menunggu air laut surut sebelum pemompaan dilakukan.

Adalah Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko yang menyampaikan hal tersebut. Dia awalnya dimintai tanggapan soal genangan di Jalan Gaya Motor Sunter, Jakarta Utara. Menurutnya, genangan itu akan dipompa ke Kali Sunter, namun pemompaan itu juga tergantung kondisi laut.

"Gaya Motor kan kita menggunakan pompa ke Kali Sunter. Nah, Kali Sunter sekarang tergantung lautnya. Kalau lautnya pas tinggi, nggak mungkin kita pompa karena akan berputar saja. Makanya itu kita tahan dulu sebentar untuk kemudian kita pompa dengan pelan-pelan. Tapi kondisi saat ini tadi saya monitor sudah mulai surut," kata Sigit di Balai Kota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (24/1/2020).

Berdasarkan data BPBD DKI Jakarta, wilayah Jakarta Utara memang paling banyak muncul genangan. Ada 13 titik di Jakarta Utara yang terendam.

Sigit lalu ditanya dengan pertanyaan 'dengan kondisi rob, bagaimana cara meyakinkan warga bahwa daerah Utara cepat surut dan antisipasi banjir bisa lancar'.

Selanjutnya
Halaman
1 2