Sekda DKI Omeli Dishub Pengunggah Video Banjir Pintu Monas Depan Istana

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 21:25 WIB
Tangkapan layar dari akun resmi Instagram @dishubdkijakarta
Jakarta -

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Juaini Yusuf mengatakan genangan yang terjadi di pintu Monas di depan Istana Kepresidenan tidak benar. Juaini menyebut itu adalah video lama.

"Nggak ada tadi, ah. Salah, tadi diomelin dia itu. Orang anak buah kita Satgas dari tadi sudah di Monas. Iya gambarnya kelelep (tenggelam) itu," kata Juaini di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (24/1/2020).

Juaini mengatakan hal tersebut saat wartawan bertanya soal penyebab pintu Monas yang ada di seberang Istana Negara kebanjiran.


Informasi genangan itu dilaporkan akun resmi Instagram @dishubdkijakarta, kondisi pintu masuk Monas terendam air berwarna cokelat. Juaini kemudian mempertanyakan asal video itu. Dia menyebut Dishub DKI juga ditegur Sekda Saefullah karena tidak mengecek kebenaran video itu.

"Itu foto kapan. Makanya itu dia ditegur di grup sama Pak Sekda," ungkapnya.

Juaini menyebut Sekda Saefullah mengingatkan petugasnya agar mengecek ke lapangan terkait informasi banjir sebelum disebar. Juaini mengatakan petugas di lapangan tidak melihat ada genangan di Monas sebagaimana dari video yang tersebar di media sosial.

Banjir di pintu Monas depan Istana Kepresidenan surutBanjir di pintu Monas depan Istana Kepresidenan surut (Rolando FS/detikcom)


"Makanya tadi Pak Sekda bilang 'tolong jadi perhatian itu' tim Dishub kudu cek ke lapangan. Jangan lihat gambar di WA. Nah, anak buah saya dari pagi nongkrong standby. Saya cek, 'nggak ada Pak laporan'. Dikirim fotonya lagi kan. Kosong, nggak ada," katanya.

Juaini menyebut petugas sudah berjaga di tiap-tiap titik. Dia menyebut anggotanya sempat bingung melihat foto genangan itu.

"Itu biasalah, kalau ngeliat dari laporan anak-anak kan dekat satgas kita di Jakpus Wali Kota. Dari pagi-pagi sudah saya suruh tongkrongin tuh Sudirman-Thamrin sama termasuk Medan Merdeka. Jadi laporannya nggak ada seperti yang di foto. Gitu, makanya dia bingung," jelasnya.


Berikut wawancara wartawan peliput Balai Kota dengan Kadis SDA Juaini Yusuf:

Selanjutnya
Halaman
1 2