Disebut Tak Paham Sejarah, Roy Suryo Polisikan Petinggi Sunda Empire

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 16:49 WIB
Disebut tak paham sejarah, Roy Suryo mempolisikan petinggi Sunda Empire. (Samsudhuha W/detikcom)

Roy kemudian merasa tidak nyaman seusai acara diskusi di acara TV itu. Banyak warganet (netizen) di media sosial disebutnya menyerangnya karena ucapan Rangga yang menyebut dirinya tidak mengerti sejarah.

Singkat cerita, Roy berinteraksi dengan netizen itu dan menanyakan soal sejarah yang dimaksud. Netizen itu disebutnya merujuk ke informasi dari Wikipedia.

"Saya harus menjawab ini salah, Anda belajar dari mana? Mereka bilang ini dan referensi dari Google dari Wikipedia. Itulah yang kemudian saya tertarik untuk melihat langsung," kata Roy.

Setelah mengecek situs Wikipedia, Roy menyebut ada yang sudah mengedit informasi dari Wikipedia itu. Namun dia tidak mengetahui persis siapa orang yang mengubah informasi tersebut.

"Kenapa mereka bisa berkata begitu, ternyata ini masalahnya di Wikipedia tanggal 22 Januari, sehari sesudah peristiwa acara di ILC, itu diubah oleh akun anonim. Jadi sejarah tentang PBB itu diubah dengan kabar bohong yang menyatakan Perserikatan Bangsa-Bangsa itu didirikan di Bandung di gedung Isola di daerah Lembang," paparnya.

Disebut Tak Paham Sejarah, Roy Suryo Polisikan Petinggi Sunda EmpireDisebut tak paham sejarah, Roy Suryo mempolisikan petinggi Sunda Empire (Samsudhuha W/detikcom)

Selanjutnya
Halaman
1 2 3