Cerita Jokowi yang Kerap Kontak Kepala BPS Saat Ragu soal Data

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 16:14 WIB
Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bercerita soal dirinya yang kerap mengontak Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto siang maupun malam. Dia mengatakan selalu menghubungi Suhariyanto saat dirinya ragu perihal data.

Cerita itu disampaikan Jokowi kala mencanangkan pelaksanaan Sensus 2020 di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (24/1/2020). Jokowi mulanya bicara soal pentingnya data yang akurat.

"Data sekarang ini adalah jenis kekayaan baru. Saat ini data adalah new oil. Bahkan lebih, bahkan lebih berharga dari minyak. Data yang valid merupakan kunci utama kesuksesan pembangunan sebuah negara. Karena data yang akurat sangat penting untuk menyusun perencanaan yang benar," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan data yang akurat penting untuk membuat keputusan yang tepat. Selain itu, data yang akurat penting agar program yang dibuat tepat sasaran.

"Data yang akurat sangat penting untuk membuat keputusan tepat. Data yang akurat sangat penting untuk mengeksekusi program yang tepat sasaran. Jangan sampai memutuskan, membuat perencanaan mengeksekusi program nggak pegang data," ujarnya.

Simak Video "Jokowi 'Sentil' Yasonna soal Harun Masiku: Hati-hati Buat Statement!"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2