Loyalis Hatta Rajasa: PAN Tidak dalam Keadaan Baik-baik Saja

Nurcholis Maarif - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 15:59 WIB
Hatta Rajasa (Yayas/detikcom)
Jakarta -

Eks Wasekjen PAN Sulistyowati menyebut Hatta Rajasa akan comeback di Kongres PAN mendukung calon ketua umum (caketum) Asman Abnur (AA). Loyalis Hatta Rajasa ini menilai PAN perlu diselamatkan.

"Dengan fakta dan data yang menyebutkan suara PAN terjun bebas di 2019 kemarin, tentu PAN tidak dalam keadaan baik-baik saja, cukup memprihatinkan. Maka harus diselamatkan. Jika ini sebuah kapal, harus mempunyai nakhoda yang andal jika tidak ingin tenggelam," kata Sulistyowati dalam keterangannya, Jumat (24/1/2020).

Diungkapkannya, kekurangan PAN yang harus segera diperbaiki adalah lemahnya pimpinan tertinggi partai yang mengakibatkan turunnya suara partai secara drastis. Loyalis Hatta Rajasa ini menilai Asman Abnur adalah sosok yang tepat menjadi nakhoda penyelamat itu. Namun jalan masih panjang, penyelamatan PAN harus melalui Kongres yang akan digelar awal bulan depan.

"Cara penyelamatannya adalah, pertama, memanfaatkan kongres yang mempunyai kewenangan pengambilan keputusan tertinggi dalam partai untuk memilih pemimpin baru. Pemimpin yang mempunyai visi dan misi merangkul semua pihak untuk membesarkan partai bersama-sama (rekonsiliasi)," ujar Sulistyowati.

"Kedua, mengawal materi kongres untuk kemajuan tidak hanya untuk PAN (internal) tapi juga untuk kepentingan yang jauh lebih besar, yaitu bangsa dan negara (eksternal)," sambungnya.

Kata Sulistyowati, kalangan internal PAN perlu melakukan konsolidasi tak hanya secara struktural, tetapi juga sumber daya manusia (SDM) di elite PAN yang harus mumpuni di semua tingkatan. Begitu juga terkait pilkada-pilkada, wilayah dan daerah harus diberi ruang yang proporsional untuk terlibat dalam pengambilan keputusan.

"Untuk eksternal, kami siap mengkritisi kebijakan pemerintah secara konstruktif sepanjang demi kesejahteraan rakyat. Tindakan konkret seperti apa tentu harus diputuskan bersama-sama pimpinan di semua tingkatan," katanya.

Terkait kongres, ia menyampaikan sampai saat ini belum jelas benar kapan waktu digelar, begitupun mekanisme pemilihannya. Namun, kongres PAN diprediksi bakal dinamis dengan adanya empat calon yang berlaga, yakni Zulkifli Hasan, Asman Abnur, Mulfachri Harahap, dan Dradjad Wibowo yang mulai muncul.

"Berbicara tentang aturan pemilihan apakah memungkinkan dua putaran, mungkin saja, kembali ke aturan mainnya nanti bagaimana tata tertib pemilihan disepakati peserta kongres. Tapi bagi AA bagaimana aturannya, insyaallah kami siap. Yakin usaha sampai," yakinnya.

(prf/ega)