Round-Up

Praktik Ilegal Dokter Sinus dari China Akhirnya Terbongkar

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 08:28 WIB
Foto: Lamhot Aritonang

Sementara Klinik Utama Cahaya Mentari, disebut Yusri, memang memiliki izin untuk melakukan pengobatan. Saat ini klinik tersebut memiliki sekitar 400 orang pasien. Promosinya disampaikan melalui media brosur hingga media sosial.

Dalam praktiknya, klinik tersebut memasang tarif yang cukup mahal untuk pengobatan yakni sekitar Rp 10 juta untuk sekali pengobatan. Keuntungan yang diperoleh pihak klinik selama 3 bulan beroperasi mencapai miliaran rupiah.

Kasubdit Sumdaling Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Kompol Imran Gultom menyebut, pengobatan sinus yang dilakukan dokter LS bukan melalui operasi. Namun dengan memberikan obat yang disuntikkan melalui hidung.

"Kami mendatangi dan menemukan di lokasi tersangka, bahwa ada pasien yang sedang diobati dan disuntik dan ada obat yang diberikan berupa serbuk. Kita cek serbuk itu belum ada izin edar dari BPOM," jelas Imran.

Sementara itu, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes DKI Jakarta Ani Ruspitawati menjelaskan tata cara dokter asal luar negeri untuk bisa mendapatkan izin praktik di Indonesia. Izin praktik itu wajib dipunyai oleh dokter di Indonesia.

"Pada dasarnya UU mengizinkan warga negara asing untuk melaksanakan beberapa kegiatan praktik, termasuk di antaranya pelayanan kesehatan sepanjang memenuhi ketentuan yang ada di UU," kata Ani kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3