Heboh Virus Corona, Kemlu Intens Koordinasi ke KBRI Beijing

Andhika Prasetia - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 19:08 WIB
Menlu RI Retno Marsudi (Andhika Prasetya/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) terus berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beijing terkait munculnya virus Corona di Wuhan, China. Terlebih, ada ribuan mahasiswa asal Indonesia yang menempuh pendidikan di Negeri Tirai Bambu.

"Sejak wabah itu mulai terjadi, kita terus melakukan koordinasi dengan perwakilan kita yang ada di Tiongkok, termasuk dubes yang ada di Beijing," kata Menlu Retno Marsudi di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020).


Dari data yang diperoleh Retno, ada 428 mahasiswa kuliah di Wuhan dan sekitarnya, 1.280 mahasiswa di Beijing, dan 849 mahasiswa di Shanghai. Saat ini, ada 90 persen mahasiswa dari Wuhan pulang ke Indonesia karena libur kuliah.

"Dari data terakhir bulan Desember 2019, 90 persen mahasiswa yang berada di Wuhan dan sekitarnya saat ini sedang kembali ke Indonesia karena liburan dan mereka akan kembali pada pertengahan Februari dan kita melakukan komunikasi dengan kampus-kampus yang ada di Wuhan dan sekitarnya mengenai kapan kuliah akan dimulai lagi," ujar Retno.

Mereka dijadwalkan kembali ke Wuhan pada Februari 2020. Oleh sebab itu, RI berkomunikasi dengan pihak kampus setempat setelah munculnya virus Corona.

"Makanya KBRI terus melakukan komunikasi dengan kampus apakah dengan situasi seperti sekarang kemudian kegiatan akademik akan dimulai sebagaimana biasanya atau kemudian ada pengaturan-pengaturan yang berbeda itu yang terus dikomunikasikan," ujar Retno.

Penularan virus Corona baru atau Coronavirus terus meningkat di China. Untuk mengendalikan wabah yang telah menyebar ke negara-negara lain ini, otoritas China menutup atau mengisolasi dua kota besar di sebuah provinsi yang menjadi pusat wabah virus mematikan ini.

Dengan penutupan ini, pesawat dan kereta api dilarang meninggalkan kedua kota tersebut dalam langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya.

(dkp/imk)