Bandar 144 Kg Ganja dari Palembang Dihukum Penjara Seumur Hidup

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 17:35 WIB
Ilustrasi sidang (ari/detikcom)
Palembang -

Pengadilan Negeri (PN) Palembang menjatuhkan vonis penjara seumur hidup kepada dua terdakwa kurir narkotika jenis ganja seberat 144 kilogram. Keduanya pikir-pikir atas vonis itu.

Vonis dibacakan majelis hakim Subur Susatyo terhadap terdakwa Ariswanto (43) dan Dian Meisasi Hutagalung (23).

"Mengadili dan menjatuhkan terdakwa sebagaimana yang tercantum dalam dakwaan kedua penuntut umum, diatur dan diancam pidana dalam Pasal 111 Ayat (2) UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan pidana seumur hidup" kata Subur membacakan vonis di PN Palembang sebagaimana dilansir Antara, Kamis (23/1/2020).


Putusan tersebut sama dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Sumsel, Devianti Itera pada sidang sebelumnya yang menuntut kedua terdakwa agar dijatuhi hukuman pidana seumur hidup.

Majelis hakim meyakini kedua terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan percobaan atau permufakatan jahat tanpa hak atau melawan hukum untuk menanam, memelihara, memiliki, menyimpan, menguasai atau menyediakan narkotika golongan I dalam bentuk tanaman yang beratnya melebihi 1 kilogram atau melebihi 5 batang pohon tanpa seizin dari pihak yang berwenang dan bukan untuk kepentingan ilmu pengetahuan.

Keterangan kedua terdakwa yang tidak mengakui perbuatannya menjadi pemberat putusan, hakim juga menilai keduanya tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan narkotika.

Mendengar putusan tersebut kedua terdakwa melalui kuasa hukumnya memilih pikir-pikir terkait banding.

Simak Video "Ungkap Peredaran 1,3 Ton Ganja, Polisi Tangkap 19 Tersangka"


Selanjutnya
Halaman
1 2