5 Hakim Agung Baru Dipilih DPR, MA Ucapkan Terima Kasih ke Parlemen dan KY

Andi Saputra - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 16:59 WIB
Andi Samsan Nganro (Foto: dok. detikcom)
Jakarta -

Lima hakim agung baru dipilih DPR serta 3 hakim ad hoc. Mahkamah Agung (MA) mengucapkan terima kasih karena terpilihnya hakim agung baru itu bisa menambah SDM MA dalam mengadili perkara yang menumpuk.

"Kendati tidak semua calon hakim agung dan ad hoc disetujui oleh Komisi III DPR, dengan diloloskannya 8 orang, yaitu 5 orang hakim agung dan 3 hakim ad hoc, tentu patut disyukuri. Sebab, dengan adanya tambahan 5 hakim agung dari semua kamar, kecuali kamar TUN, dapat mengatasi kekurangan hakim agung lantaran ada yang purnabakti dan ada yang meninggal dunia," kata juru bicara MA, Andi Samsan Nganro, kepada detikcom, Kamis (23/1/2020).



Nama-nama calon hakim agung diseleksi oleh Komisi Yudisial (KY) dan disetujui oleh DPR. Berikut ini nama dipilih dalam rapat pleno Komisi III:

1. Soesilo (hakim agung)
2. Dwi Soegiarto (hakim agung)
3. Rahmi Mulyati (hakim agung)
4. H Busra (hakim agung)
5. Brigjen TNI Sugeng Sutrisno (hakim agung)

6. Agus Yunianto (ad hoc tipikor tingkat kasasi)
7. Ansori (ad hoc tipikor tingkat kasasi)
8. Sugianto (ad hoc hubungan industrial tingkat kasasi)

"Oleh karena itu, hambatan dan masalah percepatan penyelesaian perkara di MA sedikit dapat teratasi. Sebagaimana diketahui pada seleksi tahun yang lalu DPR tidak menyetujui semua calon hakim agung yang diusulkan oleh KY.



Saat ini, perkara di MA dalam setahun lebih dari 12 ribu kasus. Jumlah itu diadili dalam 5 kamar, yaitu Kamar Pidana, Kamar Perdata, Kamar Agama, Kamar Militer, dan Kamar TUN.

"Alhamdulillah untuk seleksi dalam kesempatan ini MA dapat tambahan 5 orang hakim Agung dan 3 orang hakim ad hoc, termasuk hakim ad hoc Tipikor tingkat kasasi," pungkas Andi Samsan Nganro.

(asp/aan)