Ketua Komisi III soal 'Kriminal di Priok': Pak Yasonna, Hati-hati Lidahnya

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 12:44 WIB
Ketua Komisi III DPR Herman Hery (Foto: Rolando/detikcom)

Herman pun berharap ke depannya Yasonna lebih baik berhati-hati dalam berucap. "Dalam fungsi pengawasan sebagai politisi, Menkumham juga politisi, saya hanya bilang mbok ya lain kali hati-hati dengan lidah. Walaupun saya juga sering kali keseleo lidah," kata politikus PDIP tersebut.

Sebelumnya pidato Yasonna yang menjelaskan mengenai faktor kriminogenik (faktor penyebab munculnya tindak pidana) menjadi kontroversi hingga memicu unjuk rasa dari warga Tanjung Priok. Kontroversi itu pun berujung dengan permintaan maaf Yasonna.

Yasonna Laoly menjelaskan ucapannya soal kriminalitas di Tanjung Priok tidak bermaksud menyinggung perasaan warga. Dia merasa ucapannya dipelintir.

"Saya menyampaikan juga terima kasih, bahwa saya dingiatkan oleh saudara-saudara saya warga Tanjung Priok, sekaligus ingin menjelaskan bahwa apa yang saya sampaikan saat acara Resolusi Pemasyarakatan 2020 di Lapas Narkotika klas IIA Jakarta itu sama sekali tidak dimaksudkan untuk menyinggung perasaan saudara-saudara di Tanjung Priok," kata Yasonna saat jumpa pers di Kantor Kemenkum HAM, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (22/1).

Halaman

(rfs/mae)